ESSAY

Writer / NIM
NAZMARIN MARDANI / 271411181
Study Program
S1 - ILMU HUKUM
Advisor 1 / NIDN
MUTIA CH THALIB, S.H., M.Hum. / 0004076904
Advisor 2 / NIDN
SUWITNO YUTYE IMRAN, SH., MH / 0022068302
Abstract
Penelitian ini bertujuan Untuk mengetahui bagaimana penerapan asas itikad baik (geode trouw) pasal 1338 ayat (3) B.W pada pelaku usaha service elektronik terhadap perlindungan konsumen danUntuk mengetahui akibat hukum apa yang ditimbulkan pada pelaku usaha service elektronik terhadap kerugian konsumen. Penelitian ini menggunakan metode penelitian empiris, teknik pengumpulan data dengan cara observasi, wawancara serta menggunakan analisis data yang bersifat deskriptif. Berdasarkan hasil penelitian ini bahwa Penerapan Azas Itikad Baik (Geode Trouw) Pasal 1338 Ayat 3 B.W Pada Pelaku Usaha Service Elektornik Terhadap Perlindungan Konsumen (Studi Kasus Kota Gorontalo) Asas Iktikad baik yang berlandaskan pada nilai kepatutan, keadilan dan kejujuran masih belum terterapkan dengan baik oleh pelaku usaha service elektronik terhadap perlindungan terhadap konsumen yang bersifat merugikan bagi konsumen dan menguntungkan secara sepihak oleh pelaku usaha service elektronik dan Akibat Hukum yang ditimbulkan oleh pelaku usaha service elektronik terhadap kerugian konsumen yaitu berupa proses mediasi yang dilakukan oleh YLKI apabila konsumen melaporkannya, apabila tidak berhasil ganti rugi terhadap kerugian konsumen, jalur pengadilan yang apabila terbukti dapat berupa pencabutan ijin usaha. Kata Kunci : Penerapan Azas Itikad Baik, Pelaku Usaha service Elektronik, Perlindungan Konsumen
Download files

ARCHIVES

2024
Year Essay 2024
2023
Year Essay 2023
2022
Year Essay 2022
2021
Year Essay 2021
2020
Year Essay 2020
2019
Year Essay 2019
2018
Year Essay 2018
2017
Year Essay 2017
2016
Year Essay 2016
2015
Year Essay 2015
2014
Year Essay 2014
2013
Year Essay 2013
2012
Year Essay 2012
2011
Year Essay 2011