Writer / NIM
RAMADHAN ADE LANDAS / 281410107
Study Program
S1 - SOSIOLOGI
Advisor 1 / NIDN
FARID TH MUSA, S.Sos, MA / 0010116712
Advisor 2 / NIDN
FUNCO TANIPU, M.A / 0012068105
Abstract
ABSTRAK
Ramadhan Adelandas. 2015. "Persepsi Masyarakat Terhadap Pelayanan Jamkesmas Di Rumah Sakit Islam Kota Gorontalo". Skripsi. Jurusan S1 Sosiologi, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing : (I) Farid Th. Musa, S.Sos, MA, dan Pembimbing (II) Funco Tanipu., ST., MA.
Pelayanan Jamkesmas merupakan sebuah layanan dimana seseorang membutuhkan orang lain dalam hal membantu dibidang kesehatan. Terutama pelayanan kesehatan yang dilakukan di Rumah Sakit Islam Gorontalo. Manajemen pelayanan jamkesmas merupakan suatu perencanaan, pengorganisasian, pengkoordinasian, dan pengontrolan sumber daya, sistim, fasilitas untuk mencapai pelayanan jamkesmas yang baik dan diberikan secara efektif, efesien, memperhatikan kemungkinan timbulnya kesalahan dan melakukan tindakan segera apabila kesalahan itu terjadi, dengan melakukan penerapan Standar Operasional Prosedur, Program Peningkatan Mutu Rumah Sakit, Menetapkan Strategi Pencegahan, menerapkan Peraturan Internal Rumah Sakit dan Persetujuan Tindakan Medik.
Penulis melakukan penelitian dengan metode pendekatan yuridis normatif dan mencari sebab akibat dari suatu masalah dan menguraikannya secara konsisten, sistematis dan logis sesuai dengan perumusan masalah yang menjadi fokus dalam penelitian ini, yaitu persepsi masyarakat terhadap pelayanan jamkesmas.
Adapun hasil dari penelitian ini memperlihatkan bahwa terjadinya pelayanan jamkesmas maupun medik dengan penerapan "pelayanan" antara pengguna Jamkesmas (pasien) dan pegawai staf sebagai sumber terjadinya hubungan saling membutuhkan yang ada di Rumah Sakit Islam Gorontalo menunjukan bahwa pola interaksi yang dilakukan pada saat ingin melakukan pengobatan medis di Rumah Sakit Islam bahwa sangat baik dan tidak menimbulkan permasalahan yang membuat pasien merasa aman pada saat berobat Emergenci, IGD, Apoteker maupun Rawat Inap dan Rawat Jalan.
Kata Kunci : Rumah Sakit, Pelayanan, Jamkesmas dan Persepsi.
Download files