ESSAY

Writer / NIM
SRI RAHAYU ALATADA / 281417074
Study Program
S1 - SOSIOLOGI
Advisor 1 / NIDN
Dr. RAHMATIAH, S.Pd., M.Si / 0011117503
Advisor 2 / NIDN
DONDICK WICAKSONO WIROTO, S.IP., M.Si / 0021128007
Abstract
ABSTRAK Sri Rahayu Alatada, NIM 281417074, 2022. ����¯�¿�½�..."Analisis Kualitas Pelayanan dan Tingkat Kepuasan Konsumen pada Jasa Sol Sepatu Tradisional����¯�¿�½���. Skripsi Jurusan Sosiologi Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Gorontalo 2022, dibawah bimbingan Bapak Dondick Wicaksono Wiroto, S.IP.,M.Si selaku pembimbing 2 (dua) dan Ibu Dr. Rahmatia, S.Pd., M.Si selaku pembimbing 1 (satu). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui serta mendeskripsikan bagaimana kualitas pelayanan terkait kepuasan konsumen pada jasa sol sepatu tradisional. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif dengan menggunakan pendekatan deskriptif. Pengumpulan data dan penelitian ini dilakukan dengan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa Sol Sepatu sampai sekarang masih ditemui di kota-kotaatau wilayah yang sudah modern dan juga masih bertahan sampai sekarang seperti sol sepatu tradisional yang berada diarea pasar sentral kota Gorontalo. Jasa sol sepatu tradisional tersebu tmasih saja berjalan sampai sekarang ini dan banyak pelanggan yang berdatangan karena berdasarkan hasil wawancara selama dilapangan, pelanggan mengatakan bahwa pelayanan sangat baik dan system pembayaran yang sangat terjangkau terlebih lagi bisa tawar-menawar. Untuk menentukan tentang bagaimana pelayanan dan kepuasan konsumen bisa dilihat dari hasil survey lapangan berdasarkan ke 5 dimensi kualitas pelayanan seperti nilai keandalan, nilai daya tanggap, nilai jaminan, nilai perhatian dan nilai bukti fisik. Jadi, dari ke 5 dimensi kualitas pelayanan itu kita bisa melihat bahwa kepuasan pelanggan itu didasari dari pelayanan tukang kepada pelanggan atau disebut relasional (hubungan dengan pesaing, pemasok dan pelanggan) bukan melainkan dari kualitas kerja sehingga sampai sekarang jasa sol sepatu masih bertahan sampai sekarang. Kata Kunci :Pelayanan dan Kepuasan, Jasa, Sol Sepatu, Tradisional ABSTRACT Sri Rahayu Alatada, Student ID Number 281417074, 2022. Analysis of Service Quality and Customer Satisfaction Level in Traditional Shoe Sole Services. Undergraduate Thesis of Sociology Department, Faculty of Social Science, Universitas Negeri Gorontalo, 2022. The Principal Supervisor is Dr. Rahmatia, S.Pd., M.Si, and The Co-Supervisor is Dondick Wicaksono Wiroto, S.IP., M.Si. This research aims to determine and describe the service quality regarding customer satisfaction with traditional shoe sole service. This research is qualitative research with a descriptive approach, and the data are collected through observation, interviews, and documentation. The results indicate that traditional shoe sole services can still be found in modern cities and regions and are still in use today, such as the central market of Gorontalo City. According to the results of interviews, many customers remain loyal to this traditional shoe sole service because they genuinely think the service is excellent along with reasonable pricing, and they can haggle the price. The result of the field survey can be seen to determine the service quality based on the five dimensions of service quality such as tangibility, reliability, responsiveness, assurance, and empathy. Based on the five dimensions of service quality, it can be concluded that costumer satisfaction is based on their service to customers, also known as relational (relationship with competitor, suppliers, and customers) rather than just work quality, which is why the shoe sole services survived to date. Keywords: Service and Satisfaction, Service, Shoe Sole Service, Traditional
Download files

ARCHIVES

2024
Year Essay 2024
2023
Year Essay 2023
2022
Year Essay 2022
2021
Year Essay 2021
2020
Year Essay 2020
2019
Year Essay 2019
2018
Year Essay 2018
2017
Year Essay 2017
2016
Year Essay 2016
2015
Year Essay 2015
2014
Year Essay 2014
2013
Year Essay 2013
2012
Year Essay 2012
2011
Year Essay 2011