ESSAY

Writer / NIM
GITO ROLIS DALIE / 291411035
Study Program
S1 - ILMU KOMUNIKASI
Advisor 1 / NIDN
YOWAN TAMU, MA / 0006087704
Advisor 2 / NIDN
CITRA F.I.L DANO PUTRI, S.Pd, M.I.Kom / 0008108407
Abstract
Dunia iklan di televisi dipenuhi dengan beraneka ragam bentuk gambaran kehidupan masyarakat dari yang sangat realistis hingga gambaran tentang mimpi-mimpi imajinatif. Ukuran modernitas, kemewahan, dan kecantikan dirujuk dari penampilan iklan di media massa. Permasalahan yang diangkat dalam penelitian ini yaitu, Bagaimana citra perempuan dalam iklan shampoo Sunsilk Black Shine?. Adapun tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui citra perempuan dikonstruksi dalam iklan shampoo Sunsilk Black Shine. Penelitian ini menggunakan metode pendekatan kualitatif dengan menggunakan kerangkan Teun Van Dijk yaitu metode analisis wacana teks. Dalam segi teks terbagi menjadi tiga tingkatan yang pertama struktur makro yang terdiri dari tematik, kedua superstruktur yang terdiri dari skematik, Ketiga struktur mikro yang terdiri dari semantik, sintaksis, stilistik dan retoris. Hasil penelitian adalah untuk mengetahui bagaimana teks iklan shampoo sunsilk mempengaruhi masyarakat untuk memilih produk sunsilk, dalam hal ini ada satu kalimat yang ditekankan dalam iklan ini yakni pada bagian Struktur Makro : Hasil temuan yang penulis analisa pada iklan shampo sunsilk black shine pada bagian ini adalah pada teks pertama dan terakhir yakni : "Berkilaulah tanpa henti disetiap situasi" dan "Kilauku tak terhentikan" Kesimpulannya bahwa melalui analisis wacana teks secara keseluruhan dapat diketahui bahwa penyusunan teks iklan shampoo sunsilk dapat memengaruhi daya tarik kosumen untuk memilih produk ini, penyusunan teks yang singkat namun jelas ini dapat mewakili semua aspke yaitu lingkungan, sahabat, tempat kerja dan keluarga, sehingga mudah masyarakat untuk mencerna informasi produk yang disampaikan dalam iklan. Saran dalam penelitian ini untuk para khalayak yang tertarik dengan suguhan iklan yang menarik, alangkah baiknya bisa memahami inti pesan dari iklan tersebut dari sisi positifnya, tanpa harus menjudge orang lain dan memahami iklan itu sebagai informasi positif dan hiburan positif bagi masyarakat. Kata Kunci : Citra Perempuan, Analisis, Wacana
Download files

ARCHIVES

2024
Year Essay 2024
2023
Year Essay 2023
2022
Year Essay 2022
2021
Year Essay 2021
2020
Year Essay 2020
2019
Year Essay 2019
2018
Year Essay 2018
2017
Year Essay 2017
2016
Year Essay 2016
2015
Year Essay 2015
2014
Year Essay 2014
2013
Year Essay 2013
2012
Year Essay 2012
2011
Year Essay 2011