Writer / NIM
MERTI HAJIRU / 291413013
Study Program
S1 - ILMU KOMUNIKASI
Advisor 1 / NIDN
YOWAN TAMU, MA / 0006087704
Advisor 2 / NIDN
ZULAEHA LAISA, S.Sos,M.Si / 0014127303
Abstract
Persepsi Konsumen Pada Pemasaran Produk Melalui Media Online
(Studi Deskriptif Konsumen Pada Akun Instagram @T3stoore di Kota Gorontalo)
Merti Hajiru, * Yowan Tamu,** Zulaeha Laisa.
Program Studi Ilmu Komunikasi
Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Gorontalo
ABSTRAK
Dunia Pemasaran saat ini semakin modern dengan adanya media online yang dimanfaatkan sebagai alat pemasaran produk. Media online merupakan salah satu media yang digunakan untuk memenuhi kebutuhan informasi bagi penggunanya. Sehingganya permasalahan yang diangkat dalam penelitian ini yakni persepsi konsumen pada pemasaran produk melalui media online dalam hal ini pada akun instagram @T3stoore. Tujuan penelitian ini ialah untuk mendeskripsikan persepsi konsumen pada pemasaran produk melalui media online.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu observasi terhadap para konsumen yang membeli lewat akun @T3stoore, wawancara dengan pemilik akun serta para konsumen, dan dokumentasi yang berhubungan dengan objek penelitian. Konsep Hierarki Efek digunakan dalam penelitian ini untuk menjelaskan persepsi konsumen pada pemasan produk melalui media online @T3stoore. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa persepsi konsumen @T3stoore berbeda-beda, hal ini dipengaruhi oleh faktor keinginan dan kebutuhan, faktor pengalaman serta faktor informasi. Sehingga setiap orang memiliki pandangan masing-masing terhadap sebuah produk.
Kesimpulannya bahwa akun T3stoore dalam pelayanannya, telah memberikan kepuasan pada followers yang telah menjadi konsumen. Namun, selain terjadi kepuasan konsumen, kekecewaan juga tak dapat dihindari. Sehingganya saran dalam penelitian ini, akun @T3stoore harus lebih meningkatkan kualitas pelayanan, serta mempertimbangkan kesesuain produk yang diunggah dengan barang aslinya.
Kata kunci : Persepsi, Konsumen, Pemasaran, Media Online
Download files