ESSAY

Writer / NIM
TRIVANA MANANGIN / 291417052
Study Program
S1 - ILMU KOMUNIKASI
Advisor 1 / NIDN
CITRA F.I.L DANO PUTRI, S.Pd, M.I.Kom / 0008108407
Advisor 2 / NIDN
Dr. RASID YUNUS, S.Pd, M.Pd / 0024028401
Abstract
Guru sebagai pendidik dan pengajar anak, guru sebagai fasilitator anak, mengembangkan potensi dasar dan kemampuan anak secara optimal, untuk mempersiapkan peserta didik pembentukan dan pengembangan pribadj (sikap mental) siswa. Disiplin merupakan suatu sikap yang menunjukan kesediaan untuk menepati atau memenuhi ketentuan, tata tertib, nilai serta kaidah-kaidah yang berlaku. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui secara mendalam gaya komunikasi guru bimbingan konseling dalam membina kedisiplinan siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi, dan penentuan informan penelitian menggunakan teknik purposive sampling. Hasil penelitian menunjukan bahwa gaya komunikasi guru dalam membuna kedisiplinan siswa yaitu menggunakan gaya komunikasi assertive dan agresive dimana guru cenderung menggunakan gaya komunikasi yang akrab dan santai dengan siswa dan memberikan penekanan-penekanan untuk perubahan perilakunya. Dan dengan adanya pendekatan-pendekatan yang dilakukan guru pada awal semester baru untuk mendiskusikan masalah apa yang terjadi pada siswa saat ini, dan mencari tahu pembawaan sikap dari masing-masing siswa, disitulah bisa diketahui gaya komunikasi seperti apa yang akan guru gunakan dalam membina masing-masing siswa tersebut
Download files

ARCHIVES

2024
Year Essay 2024
2023
Year Essay 2023
2022
Year Essay 2022
2021
Year Essay 2021
2020
Year Essay 2020
2019
Year Essay 2019
2018
Year Essay 2018
2017
Year Essay 2017
2016
Year Essay 2016
2015
Year Essay 2015
2014
Year Essay 2014
2013
Year Essay 2013
2012
Year Essay 2012
2011
Year Essay 2011