Writer / NIM
SAFITRA FADHILA MARDANI / 291418008
Study Program
S1 - ILMU KOMUNIKASI
Advisor 1 / NIDN
Dr. NOVAL SUFRIYANTO TALANI, S.Sn, M.Ds, M.Si / 0012117905
Advisor 2 / NIDN
dr. SRI MANOVITA PATEDA, M. Kes, Ph.D / 0001118004
Abstract
Skripsi ini merupakan hasil penelitian yang menggambarkan tentang bentuk komunikasi verbal orang tua terhadap anak yang mengalami keterlambatan berbicara. Bentuk komunikasi yaitu komunikasi intrapersonal, komunikasi interpersonal, komunikasi kelompok, komunikasi massa, komunikasi organisasi. Sedangkan komunikasi verbal adalah penggunaan kata untuk menyampaikan makna. Anak yang memiliki keterlambatan bicara yaitu anak yang memiliki kelainan fungsi otak dan alat bicaranya mempunyai kesulitan dalam berbahasa.
Hal yang melatarbelakangi penulis untuk melakukan penelitian ini didasari pada hasil pengamatan dan wawancara mendalam yang peneliti lakukan, dimana masih ada anak usia 3 hingga 5 tahun yang belum mampu dalam menyebutkan kosa kata dengan lengkap sehingga peneliti ingin mengetahui apa saja bentuk dan perilaku yang diberikan orang tua kepada anak yang mengalami keterlambatan dalam berbicara. Karena komunikasi yang jelas dan baik sangat berpengaruh bagi diri sendiri dan orang lain dimasa yang akan datang.
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui bentuk komunikasi verbal orang tua terhadap anak dan untuk mengetahui perilaku komunikasi orang tua terhadap anak yang mengalami keterlambatan berbicara, dengan jenis penelitian deskriptif kualitatif. Deskriptif ini digunakan untuk mengolah data berupa kata-kata atau deskripsi mengenai fakta dilapangan yang menjadi fokus penelitian.
Hasil penelitian bahwa bentuk komunikasi yang diberikan seperti mengajak berinteraksi, menggunakan gambar, melalui tulisan dan smartphone sedangkan perilaku komunikasi yang diberikan oleh orang tua yaitu mengajak anak berinteraksi, memberikan perintah pada anak sehingga anak memiliki perhatian, pengertian, penerimaan. Sehingga anak dengan cepat merespon dan terjadi perubahan sikap dari anak.
Download files