ESSAY

Writer / NIM
SYAFRUDIN / 311407069
Study Program
S1 - PENDIDIKAN BAHASA DAN SASTRA INDONESIA
Advisor 1 / NIDN
Dr. FATMAH AR UMAR, M, Pd / 0004016005
Advisor 2 / NIDN
Dr. SITTI RACHMI MASIE, S.Pd, M.Pd / 0008048002
Abstract
ABSTRAK Syafrudin. 2012. Kemampuan Siswa Kelas VII-5 SMP Negeri 13 Kota Gorontalo dalam Menceritakan Tokoh Idola. Skripsi. Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia. Fakultas Sastra dan Budaya. Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Dr. Fatmah AR. Umar, M.Pd dan Pembimbing II Ibu Sitti Rachmi Masie, S.Pd, M.Pd. Kemampuan siswa yang dimaksud dalam penelitian ini adalah kesanggupan, kecakapan atau potensi yang dimiliki oleh siswa, dalam menceritakan tentang tokoh idola. Dengan identifikasi masalah (1) terdapat berbagai tokoh yang diidolakan oleh siswa antara lain dalam bidang olahragawan, sastrawan, ilmuan, politikus, pemimpin agama, artis, guru penyiar tv dan mungkin sahaat kita sendiri. (2) terdapat berbagai identitas para tokoh yang diidolakan oleh siswa (3) terdapat berbagai keunggulan yang dimiliki oleh para tokoh yang diidolakan oleh siswa (4) terdapat berbagai kesulitan siswa menceritakan tokoh idola dengan menggunakan pilihan kata yang sesuai. Berdasarkan identifikasi masalah, peneliti membatasi masalah pada. (1) kemampuan siswa menceritakan tokoh idola dengan mengemukakan identitas tokoh.(2) kemampuan siswa menceritakan tokoh idola dengan mengemukakan keunggulan tokoh. (3) kemampuan siswa memberikan alasan mengidolakan tokoh idola. (4) kemampuan siswa menceritakan tokoh idola dengan menggunakan pilihan kata yang sesuai. Adapun rumusan masalah dalam peneltian ini adalah. (1) Bagaimana kemampuan siswa menceritakan tokoh idola dengan mengemukakan identitas tokoh? (2) Bagaimana kemampuan siswa menceritakan tokoh idola dengan mengemukakan keunggulan tokoh? (3) Bagaimana kemampuan siswa memberikan alasan mengidolakan tokoh idola? (4) Bagaimana kemampuan siswa menceritakan tokoh idola dengan menggunakan pilihan kata yang sesuai?. Sedangkan tujuan yang hendak dicapai dalam penelitian ini adalah (1) Mendeskripsikan kemampuan siswa menceritakan tokoh idola dengan mengemukakan identitas tokoh, (2) Mendeskripsikan kemampuan siswa menceritakan tokoh idola dengan mengemukakan keunggulan tokoh, (3) Mendeskripsikan kemampuan siswa memberikan alasan mengidolakan tokoh idola (4) Mendeskripsikan kemampuan siswa menceritakan tokoh idola dengan menggunakan pilihan kata yang sesuai. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif, metode ini digunakan untuk memperoleh gambaran tentang kemampuan siswa kelas VII-5 dalam menceritakan tokoh idola. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, pengamatan langsung, dan rekaman. Adapun data yang dianalisis dalam penelitian ini adalah data rekaman, dan untuk menganalisis data, penulis menggunakan langkah-langkah sebagai berikut. (1) Data rekaman ditranskripsikan atau dipindahkan dari bentuk lisan ke bentuk tulisan. (2) Data yang sudah ditranskripsikan kemudian diklasifikasikan berdasarkan masalah yang diteliti. (3) Data yang sudah ditranskripsikan kemudian diklasifikasikan berdasarkan kategori sangat baik, baik, cukup, kurang dan kurang sekali, berdasarkan Penafsiran Acuan Patokan (PAP). (3) Menetapkan skor. (4) Menyimpulkan hasil analisis data. Berdasarkan hasil penelitian, secara keseluruhan penilaian kemampuan siswa pada satu Kompetensi Dasar yang diajarkan yakni menceritakan tokoh idola dengan mengemukakan identitas dan keunggulan tokoh serta alasan mengidolakannya dengan pilihan kata yang sesuai, rata-rata siswa mendapat nilai 78,93 dan termasuk dalam kategori cukup. Dari 25 siswa kelas VII-5 SMP Negeri 13 Gorontalo, tidak ada siswa yang termasuk dalam kategori baik sekali (0%), 11 orang siswa termasuk dalam kategori baik (44%), 14 orang siswa termasuk dalam kategori cukup (56%), dan tidak ada siswa yang termasuk dalam kategori kurang (0%) dan kurang sekali (0%). Kata kunci : Kemampuan siswa, tokoh idola
Download files

ARCHIVES

2024
Year Essay 2024
2023
Year Essay 2023
2022
Year Essay 2022
2021
Year Essay 2021
2020
Year Essay 2020
2019
Year Essay 2019
2018
Year Essay 2018
2017
Year Essay 2017
2016
Year Essay 2016
2015
Year Essay 2015
2014
Year Essay 2014
2013
Year Essay 2013
2012
Year Essay 2012
2011
Year Essay 2011