ESSAY

Writer / NIM
SELVIANINGSIH SALILAMA / 311409006
Study Program
S1 - PENDIDIKAN BAHASA DAN SASTRA INDONESIA
Advisor 1 / NIDN
Dr. FATMAH AR UMAR, M, Pd / 0004016005
Advisor 2 / NIDN
Prof. Dr. SUPRIYADI, M.Pd / 0006086809
Abstract

ABSTRAKPermasalahan dalam penelitian ini yakni(1) bagaimanakah kemampuan menentukan topik makalah oleh mahasiswa program studi pendidikan bahasa dan sastra indonesia, universitas negeri gorontalo?(2) bagaimanakah kemampuan mengidentifikasi masalah oleh mahasiswa program studi pendidikan bahasa dan sastra indonesia, universitas negeri gorontalo?(3) bagaimanakah merumuskan masalah makalah oleh mahasiswa program studi pendidikan bahasa dan sastra indonesia, universitas negeri gorontalo?(4) bagaimanakah kemampuan mengembangkan gagasan dalam penyusunan makalah oleh mahasiswa program studi pendidikan bahasa dan sastra indonesia, universitas negeri gorontalo?(5) bagaimanakah kemampuan menggunakan bahasa indonesia dalam penyusunan makalah oleh mahasiswa program studi pendidikan bahasa dan sastra indonesia, universitas negeri gorontalo. Penelitian ini menggunakan metode dekskriptif kuantitatif. Metode ini digunakan untuk menggambarkan kemampuan mahasiswa. Hasil penelitian menunjukan bahwa Perolehan kemampuan mahasiswa yang berkategori baik atau nilai 35 sebanyak 14 orang, yang berkategori cukup atau memperoleh nilai 25 sebanyak 57 orang, dan kategori kurang atau memperoleh nilai 15 sebanyak 59 orang, sehingga secara keseluruhan dengan mengacu pada standar bahwa kemampuan mahasiswa dikatakan berhasil bila minimal memenuhi kriteria cukup dan maksimal kriteria baik. Dengan demikian, kemampuan mahasiswa dalam penyusunan makalah sebesar 54,62% (diperoleh dari akumulasi kategori baik dan kategori cukup yakni sebanyak 14 dan 57 orang). Kesimpulan dalam penelitian ini adalah kemampuan menyusun karya ilmiah mahasiswa Jurusan Bahasa dan Sastra Indonesia universitas negeri gorontalo dapat dikategorikan kurang mampu.Kata kunci: kemampuan, menyusun, karya ilmiah, mahasiswa.

Download files

ARCHIVES

2024
Year Essay 2024
2023
Year Essay 2023
2022
Year Essay 2022
2021
Year Essay 2021
2020
Year Essay 2020
2019
Year Essay 2019
2018
Year Essay 2018
2017
Year Essay 2017
2016
Year Essay 2016
2015
Year Essay 2015
2014
Year Essay 2014
2013
Year Essay 2013
2012
Year Essay 2012
2011
Year Essay 2011