ESSAY

Writer / NIM
FIRJA SANGGILALUNG / 311409034
Study Program
S1 - PENDIDIKAN BAHASA DAN SASTRA INDONESIA
Advisor 1 / NIDN
Dr. FATMAH AR UMAR, M, Pd / 0004016005
Advisor 2 / NIDN
Dr. ASNA NTELU, M.Hum / 0009106211
Abstract
ABSTRAK Firja Sanggilalung. 311 409 034. 2016. Penerapan Pendekatan Kooperatif Tipe Jigsaw dalam Pembelajaran Memahami Struktur Teks Hasil Observasi Siswa Kelas VIIa SMP Negeri 2 Suwawa. Skripsi Jurusan bahasa dan Sastra Indonesia, Fakultas Sastra dan Budaya, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Dr. Fatmah AR. Umar, M.Pd. dan Pembimbing II Dr. Asna Ntelu, M.Hum. Permasalahan dalam skripsi ini adalah bagaimana penerapan pendekatan kooperatif tipe jigsaw dalam pembelajaran memahami struktur teks hasil observasi, faktor-faktor penghambat yang terjadi dalam pelaksanaan pembelajaran, penerapan pendekatan kooperatif tipe jigsaw dalam pembelajaran, memahami struktur teks hasil observasi, dan langkah-langkah yang dilakukan dalam mengatasi hambatan dalam proses pembelajaran. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif, penelitian deskriptif kualitatif ini untuk menggambarkan fakta yang sebenarnya mengenai pembelajaran memahami struktur teks hasil observasi dengan menggunakan pendekatan kooperatif tipe jigsaw. Data dikumpulkan dengan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi yang disesuaikan dengan indikator yang diamati. Hasil analisis data menunjukan bahwa pembelajaran memahami struktur teks hasil observasi sesuai dengan langkah-langkah dalam pendekatan kooperatif tipe jigsaw tetapi ada beberapa tahap yang tidak dilaksanakan. Dengan demikian dapat disimpulkan pembelajaran memahami struktur teks hasil observasi dengan menggunakan pendekatan kooperatif tipe jigsaw belum terlaksanakan dengan baik. Kata Kunci: pembelajaran, pendekatan kooperatif tipe Jigsaw
Download files

ARCHIVES

2024
Year Essay 2024
2023
Year Essay 2023
2022
Year Essay 2022
2021
Year Essay 2021
2020
Year Essay 2020
2019
Year Essay 2019
2018
Year Essay 2018
2017
Year Essay 2017
2016
Year Essay 2016
2015
Year Essay 2015
2014
Year Essay 2014
2013
Year Essay 2013
2012
Year Essay 2012
2011
Year Essay 2011