ESSAY

Writer / NIM
ZUAIRIYAH LANCARA / 311409061
Study Program
S1 - PENDIDIKAN BAHASA DAN SASTRA INDONESIA
Advisor 1 / NIDN
Prof. Dr. SAYAMA MALABAR, M.Pd / 0029076008
Advisor 2 / NIDN
Prof. Dr. MOH. KARMIN BARUADI, M.Hum / 0026105810
Abstract
ABSTRAK Zuairiyah Lancara. 2015, Kemampuan Meringkas Teks Eksposisi Peserta Didik Kelas VII-2 SMP Negeri 1 Tapa Tahun Ajaran 2014/2015 Dalam pembelajaran bahasa yang berbasis teks, bahasa Indonesia diajarkan bukan sekedar sebagai pengetahuan bahasa, melainkan sebagai teks yang berfungsi untuk menjadi aktualisasi diri yang penggunaannya pada konteks akademis dan sosial. Namun yang terjadi di sekolah, banyak terdengar keluhan-keluhan dari para peserta didik. Salah satu keluhan mereka adalah mereka belum mampu menguasai berbagai model teks yang diajarkan, sehingga berdampak pada ketidak mampuan peserta didik dalam meringkas teks eksposisi. Adapun permasalahan dalam penelitian ini adalah (1) Bagaimanakah kemampuan meringkas teks eksposisi peserta didik kelas VII-2 SMP Negeri 1 Tapa tahun ajaran 2014/2015 dilihat dari aspek kesesuaian isi ?. (2) Bagaimanakah kemampuan meringkas teks eksposisi dilihat dari aspek urutan informasi?. (3) Bagaimanakah kemampuan meringkas teks eksposisi dilihat dari aspek kosakata?. (4) Bagaimanakah kemampuan meringkas teks eksposisi dilihat dari aspek kalimat?. (5) Bagaimanakah kemampuan meringkas teks eksposisi dilihat dari aspek ejaan?. Oleh karena itu, Penelitian ini bertujuan memperoleh gambaran secara objektif tentang kemampuan peserta didik kelas VII-2 meringkas teks eksposisi dilihat dari aspek kesesuaian isi, urutan informasi, kosakata, kalimat dan ejaan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif. Data dikumpulkan dengan menggunakan teknik (1) observasi, (2) wawancara dan (3) tes kemampuan. Data yang diperoleh dianalisis dengan cara (1) membaca satu per satu hasil kerja peserta didik, (2) memberikan skor hasil kerja peserta didik berdasarkan indikator yang telah ditetapkan dengan menggunakan rubrik penilaian, (3) menentukan skor perolehan berdasarkan skala penilaian, (4) menetapkan kriteria pengguasaan, (5) menggunakan rumus distribusi, (6) menyimpulkan hasil penelitian. Hasil penelitian menunjukan bahwa (1) kemampuan meringkas teks eksposisi dilihat dari aspek kesesuaian isi berada pada kategori kurang dengan nilai rata-rata 17,58. (2) kemampuan meringkas teks eksposisi dilihat dari aspek urutan informasi berada pada kategori kurang dengan nilai rata-rata 18,33. (3) kemampuan meringkas teks eksposisi dilihat dari aspek kosakata berada pada kategori kurang dengan nilai rata-rata 12,80. (4) kemampuan meringkas teks eksposisi dilihat dari aspek kalimat berada pada kategori kurang dengan nilai rata-rata 14,38. (5) kemampuan meringkas teks eksposisi dilihat dari aspek ejaan berada pada kategori kurang dengan nilai rata-rata 8,47. Simpulannya kemampuan peserta didik meringkas teks eksposisi secara keseluruhan berada pada kategori baik dengan nilai rata-rata 71,14. Kata kunci : kemampuan, meringkas, teks eksposisi
Download files

ARCHIVES

2024
Year Essay 2024
2023
Year Essay 2023
2022
Year Essay 2022
2021
Year Essay 2021
2020
Year Essay 2020
2019
Year Essay 2019
2018
Year Essay 2018
2017
Year Essay 2017
2016
Year Essay 2016
2015
Year Essay 2015
2014
Year Essay 2014
2013
Year Essay 2013
2012
Year Essay 2012
2011
Year Essay 2011