ESSAY

Writer / NIM
HASNI MOKODOMPIT / 311409064
Study Program
S1 - PENDIDIKAN BAHASA DAN SASTRA INDONESIA
Advisor 1 / NIDN
Prof. Dr. SUPRIYADI, M.Pd / 0006086809
Advisor 2 / NIDN
Dr. HERMAN DIDIPU, S.Pd., M.Pd. / 0011018301
Abstract

ABSTRAKHasni Mokodompit. NIM 311409064. Kemampuan Menulis Paragraf Narasi pada Siswa Kelas X Madrasah Aliyah Muhammadiyah Kota Gorontalo Tahun Pelajaran 2013/2014. Jurusan Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia. Fakultas Sastra dan Budaya. Universitas Negeri Gorontalo. 2014.    Masalah dalam penelitian ini adalah; (1) bagaimanakah kemampuan menyusun kerangka unsur-unsur paragraf narasi pada siswa kelas X Madrasah Aliyah Muhammadiyah Kota Gorontalo (2) bagaimanakah kemampuan mengembangkan paragraf narasi pada siswa kelas X Madrasah Aliyah Muhammadiyah Kota Gorontalo (3) bagaimanakah kemampuan menggunakan bahasa Indonesia yang benar dalam menulis paragraf narasi pada siswa kelas X Madrasah Aliyah Muhammadiyah Kota Gorontalo. Adapun yang menjadi sampel dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X1 Madrasah Aliyah Muhammadiyah Kota Gorontalo tahun pelajaran 2013/2014 yang berjumlah 20 siswa.Jenis penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data yakni tes kemampuan berupa tes tertulis. Data yang terkumpul diolah berdasarkan langkah-langkah analisis data dengan menggunakan tabel rambu-rambu penilaian kemampuan menulis paragraf narasi.Berdasarkan hasil penelitian, data yang dianalisis dengan menggunakan tes kemampuan diperoleh hasil sebagai berikut; (1) ditinjau dari permasalahan kemampuan menyusun kerangka unsur-unsur paragraf narasi pada siswa menunjukkan bahwa keseluruhan siswa termasuk pada kategori kurang mampu dengan nilai rata-rata 10,4, dari keseluruhan jumlah siswa yakni 20 siswa, yang termasuk pada kategori baik sekali hanya 1 siswa, sedangkan siswa yang termasuk pada kategori kurang berjumlah 18 siswa, serta siswa yang termasuk pada kategori gagal berjumlah 1 siswa; (2) permasalahan yang ditinjau dari kemampuan mengembangkan paragraf narasi pada siswa menunjukkan bahwa keseluruhan siswa termasuk pada kategori kurang mampu dengan nilai rata-rata 16, dari keseluruhan jumlah siswa yakni 20 siswa, siswa yang termasuk dalam kategori kurang berjumlah 20 siswa; (3) ditinjau dari permasalahan kemampuan menggunakan bahasa Indonesia yang benar dalam menulis paragraf narasi pada siswa menunjukkan bahwa keseluruhan siswa termasuk pada kategori kurang mampu dengan nilai rata-rata 14, dari keseluruhan jumlah siswa yakni 20 siswa, yang termasuk pada kategori kurang berjumlah 20 siswa.Dari ketiga permasalahan di atas dapat disimpulkan bahwa kemampuan menulis paragraf narasi pada siswa kelas X Madrasah Aliyah Muhammadiyah Kota Gorontalo tahun pelajaran 2013/2014 termasuk kurang mampu dengan nilai rata-rata 40,35.     Kata kunci: kemampuan, menulis, paragraf narasi, siswa.

Download files

ARCHIVES

2024
Year Essay 2024
2023
Year Essay 2023
2022
Year Essay 2022
2021
Year Essay 2021
2020
Year Essay 2020
2019
Year Essay 2019
2018
Year Essay 2018
2017
Year Essay 2017
2016
Year Essay 2016
2015
Year Essay 2015
2014
Year Essay 2014
2013
Year Essay 2013
2012
Year Essay 2012
2011
Year Essay 2011