ESSAY

Writer / NIM
FEBRIYANTO SABOE / 311409103
Study Program
S1 - PENDIDIKAN BAHASA DAN SASTRA INDONESIA
Advisor 1 / NIDN
Prof. Dr. SAYAMA MALABAR, M.Pd / 0029076008
Advisor 2 / NIDN
Prof. Dr. SUPRIYADI, M.Pd / 0006086809
Abstract
Febriyanto Saboe. 2016. Kesantunan Berbahasa Guru dalam Interaksi Belajar Mengajar di Kelas XI SMA Negeri Kabila. Jurusan Bahasa dan Sastra Indonesia, Fakultas Sastra dan Budaya, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing: (I) Prof. Dr. Sayama Malabar, M.Pd, (II) Prof. Dr. Supriyadi, M.Pd. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan (1) Prinsip-prinsip kesantunan berbahasa guru dalam interaksi belajar mengajar di kelas XI SMA Negeri Kabila dan (2) Faktor-faktor yang mempengaruhi kesantunan berbahasa guru dalam interaksi belajar mengajar di kelas XI SMA Negeri Kabila. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif. Penggunaan metode deskriptif kualitatif ini untuk mengamati tindak tutur yang digunakan guru dalam interaksi belajar mengajar di kelas XI SMA Negeri Kabila. Sumber data dalam penelitian ini adalah tindak tutur guru dan siswa dalam interaksi belajar mengajar di kelas XI SMA Negeri Kabila. Teknik yang digunakan untuk mengumpulkan data dalam penelitian ini diantaranya teknik simak, teknik catat, dan tehnik rekam. Data yang diperoleh dianalisis dengan cara: (1) Mentranskripsikan tuturan lisan dari guru kedalam bentuk tulisan, (2) Mengidentifikasi dan mengklasifikasikan tuturan yang mengandung prinsip-prinsip kesantunan berdasarkan masalah yang diteliti, (3) Menganalisis dan menginterprestasikan data realisasi prinsip-prinsip kesantunan berbahasa dan faktor-faktor yang mempengaruhi kesantunan berbahasa (4) Menyimpulkan hasil data. Hasil penelitian menunjukkan: (a) Prinsip-prinsip kesantunan terbagi atas 6 dasar maksim yakni maksim kebijaksanaan, maksim kemurahan, maksim penerimaan, maksim kerendahan hati, maksim kecocokan dan maksim kesimpatian. (b) Faktor-faktor yang mempengaruhi kesantunan berbahasa terbagi atas 5 faktor yakni kritik secara langsung dengan kata-kata kasar, dorongan rasa emosi penutur, protektif terhadap pendapat, sengaja menuduh lawan tutur dan sengaja memojokkan mitra tutur. Simpulan dari penelitian ini adalah kesantunan berbahasa pada guru dalam interaksi belajar mengajar di kelas XI SMA Negeri Kabila masih tergolong santun dan memahami prinsip-prinsip kesantunan, tetapi tidak sedikit pula guru yang masih tergolong tidak santun atau terpengaruhi oleh faktor-faktor penyebab ketidaksantunan. Kata-kata kunci: Kesantunan berbahasa, prinsip-prinsip kesantunan, faktor-faktor ketidaksantunan.
Download files

ARCHIVES

2024
Year Essay 2024
2023
Year Essay 2023
2022
Year Essay 2022
2021
Year Essay 2021
2020
Year Essay 2020
2019
Year Essay 2019
2018
Year Essay 2018
2017
Year Essay 2017
2016
Year Essay 2016
2015
Year Essay 2015
2014
Year Essay 2014
2013
Year Essay 2013
2012
Year Essay 2012
2011
Year Essay 2011