ESSAY

Writer / NIM
RAODA MOKODOMPIT / 311409118
Study Program
S1 - PENDIDIKAN BAHASA DAN SASTRA INDONESIA
Advisor 1 / NIDN
Prof. Dr. MOH. KARMIN BARUADI, M.Hum / 0026105810
Advisor 2 / NIDN
Dr. MUSLIMIN, S.Pd, M.Pd / 0017087705
Abstract

Raoda, Mokodompit. 2014. Gaya Bahasa Iklan Tabloid Nova. Skirpsi, Jurusan Bahasa dan Sastra Indonesia Fakultas Sastra dan Budaya Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing Dr. H. Moh. Karmin Baruadi, M.Hum selaku dosen pembimbing I dan Dr. Muslimin, M.Pd selaku pembimbing II. Permasalahan yang diangkat dalam penelitian ini adalah bagaimana gaya bahasa yang digunakan dalam Tabloid Nova edisi Maret-Mei 2013 dan bagaimana fungsi gaya bahasa dalam iklan pada Tabloid Nova edisi Maret-Mei 2013. Metode yang digunakan oleh penulis adalah metode simak. Metode ini digunakan dengan maksud menyimak objek penelitian dilakukan dengan menyadap. Untuk mendapat data, peneliti menyadap penggunaan bahasa, menyadap pembicaraan seseorang atau beberapa orang, atau menyadap penggunaan bahasa tulisan dalam iklan pada Tabloid Nova. Teknik pengumpulan data yang dilakukan meliputi: (1) membaca iklan Tabloid Nova, (2) mengidentifikasi gaya bahasa Tabloid Nova, (3) menganalisis data. Teknik analisis data yang digunakan yaitu: penyalinan data, pengklasifikasi penggunaan gaya bahasa, penganalisis data, penyimpulan hasil analisis. Adapun sumber data yang diperoleh sebagai bahan kajian dalam penelitian ini adalah isi Tabloid Nova. Hasil diperoleh dari penelitian ini yakni gaya bahasa iklan Tabloid Nova edisi Maret-Mei 2013 meliputi; 1) gaya bahasa perbandingan (personifikasi, sinestesia, antonomasia, metonimia, hiperbola, fabel), gaya bahasa penegasan (repetisi, anafora, epistrofa, tautologi), dan gaya bahasa sindiran (sarkasme). 2) Fungsi gaya bahasa perbandingan untuk memberikan makna positif sehingga konsumen tertarik akan produk yang ditawarkan, fungsi gaya bahasa penegasan untuk menegaskan produk yang ditawarkan sehingga konsumen lebih meyakini dengan produk tersebut, dan fungsi gaya bahasa sindiran untuk mengalihkan pilihan konsumen dari suatu produk ke produk lain. Kata kunci: Gaya Bahasa, Iklan, Tabloid Nova

Download files

ARCHIVES

2024
Year Essay 2024
2023
Year Essay 2023
2022
Year Essay 2022
2021
Year Essay 2021
2020
Year Essay 2020
2019
Year Essay 2019
2018
Year Essay 2018
2017
Year Essay 2017
2016
Year Essay 2016
2015
Year Essay 2015
2014
Year Essay 2014
2013
Year Essay 2013
2012
Year Essay 2012
2011
Year Essay 2011