ESSAY

Writer / NIM
MINARNI MANI / 311409142
Study Program
S1 - PENDIDIKAN BAHASA DAN SASTRA INDONESIA
Advisor 1 / NIDN
Dr. ASNA NTELU, M.Hum / 0009106211
Advisor 2 / NIDN
Dr. MUSLIMIN, S.Pd, M.Pd / 0017087705
Abstract

Minarni Mani. NIM 311 409 142, “Pengaruh Metode Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Terhadap Kemampuan Menentukan Unsur Intrinsik Cerpen pada Peserta Didik Kelas X SMA Negeri 1 Tapa”. Jurusan Bahasa dan Sastra Indonesia, Fakultas Sastra dan Budaya, Universitas Negeri Gorontalo, Tahun 2013. Pembimbing: (1) Dr. Hj. Asna Ntelu, M. Hum; (2) Dr. Musimin, M. Pd. Permasalahan yang dibahas dalam penelitian ini yakni, “Apakah metode pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw berpengaruh terhadap kemampuan peserta didik menentukan unsur intrinsik cerpen”. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui pengaruh metode pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw terhadap kemampuan peserta didik menentukan unsur intrinsik cerpen. Penelitian ini berbentuk Pre-Experimental Design (pra eksperimen) dengan desain yang digunakan adalah One-Group Pretest-Posttest Design atau satu kelas atau kelompok dengan tes awal (pre test) dan tes akhir (post test). Sampel penelitian adalah kelas X.2 SMA Negeri 1 Tapa yang berjumlah 24 orang. Hasil analisis diperoleh harga thitung sebesar -5 dan tdaftar = t(0,975)(22) adalah 1,72 pada taraf nyata α = 0,05 dan dk = (24 - 2) = 22. Hasil pengujian ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh metode pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw terhadap kemampuan peserta didik kelas X SMA Negeri 1 Tapa menentukan unsur intrinsik cerpen. Berdasarkan temuan tersebut dusarankan agar guru dapat menerapkan metode pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw dalam rangka meningkatkan kemampuan peserta didik dalam menentukan unsur intrinsik cerpen Kata Kunci : Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw

Download files

ARCHIVES

2024
Year Essay 2024
2023
Year Essay 2023
2022
Year Essay 2022
2021
Year Essay 2021
2020
Year Essay 2020
2019
Year Essay 2019
2018
Year Essay 2018
2017
Year Essay 2017
2016
Year Essay 2016
2015
Year Essay 2015
2014
Year Essay 2014
2013
Year Essay 2013
2012
Year Essay 2012
2011
Year Essay 2011