ESSAY

Writer / NIM
OWIN AMRAN / 311410030
Study Program
S1 - PENDIDIKAN BAHASA DAN SASTRA INDONESIA
Advisor 1 / NIDN
Prof. Dr. SUPRIYADI, M.Pd / 0006086809
Advisor 2 / NIDN
Dr. ASNA NTELU, M.Hum / 0009106211
Abstract
ABSTRAK Owin Amran. 2016. "Pembelajaran Menulis Kembali Dongeng yang Diperdengarkan pada Siswa Kelas VII SMP Negeri 1 Suwawa TP. 2015/2016", (dibawah bimbingan Prof. Dr. Supriyandi, M.Pd selaku pembimbing I dan Dr. Hj. Asna Ntelu, M. Hum selaku dosen pembimbing II) Skripsi, Jurusan Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Fakultas Sastra dan Budaya, Universitas Negeri Gorontalo. Penelitian ini dilaksanakan untuk memperoleh deskripsi 1) rencana pembelajaran menulis kembali dongeng yang diperdengarkan pada siswa kelas VII SMP Negeri 1 Suwawa tahun pelajaran 2015/2016? 2) pelaksanaan pembelajaran menulis kembali dongeng yang diperdengarkan pada siswa kelas VII SMP Negeri 1 Suwawa tahun pelajaran 2015/2016? 3) hasil belajar siswa menulis kembali dongeng yang diperdengarkan pada siswa kelas VII SMP Negeri 1 Suwawa tahun pelajaran 2015/2016?. Secara umum penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pembelajaran menulis kembali dongeng yang diperdengarkan. Metode yang digunakan adalah metode deskriptif dan jenis penelitian deskriptif kualitatif. Data dalam penelitian ini bersumber dari siswa, guru bahasa Indonesia, dan proses pelaksanaan pembelajaran menulis kembali dongeng yang diperdengarkan yang diperoleh dari teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data yang diperoleh dianalisis dengan cara menganalisis hasil belajar, dan menyimpulkan hasil penelitian. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa, proses pelaksanaan pembelajaran menulis kembali dongeng yang diperdengarkan dilakukan tiga tahap, yaitu kegiatan awal, kegiatan inti, yang terdiri dari kegiatan eksplorasi, elaborasi, dan konfirmasi, dan kegiatan penutup. Namun, pada tahap konfirmasi tidak ada aktivitas kelompok lain bertanya pada siswa yang membacakan hasil pekerjaannya sehingga kegiatan diskusi pasif. Pada bagian penutup guru tidak melakukan penilaian hasil kelompok sehingga siswa tidak mengetahui nilai yang diperoleh pada setiap kelompok. Hasil pembelajaran menulis kembali dongeng yang diperdengarkan sesuai dengan format penilaian menulis kembali dongeng yang diperdengarkan sudah dapat dilakukan memenuhi kriteria ketuntasan minimal 70 dan masih banyak terdapat kesalahan dalam penulisan ejaan dan tanda baca. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran menulis kembali dongeng yang diperdengarkan pada siswa kelas VII SMP Negeri 1 Suwawa tahun pelajaran 2015/2016 belum maksimal. Kata-kata kunci: pembelajaran, menulis dongeng
Download files

ARCHIVES

2024
Year Essay 2024
2023
Year Essay 2023
2022
Year Essay 2022
2021
Year Essay 2021
2020
Year Essay 2020
2019
Year Essay 2019
2018
Year Essay 2018
2017
Year Essay 2017
2016
Year Essay 2016
2015
Year Essay 2015
2014
Year Essay 2014
2013
Year Essay 2013
2012
Year Essay 2012
2011
Year Essay 2011