ESSAY

Writer / NIM
SURNITA K. DILAO / 311410033
Study Program
S1 - PENDIDIKAN BAHASA DAN SASTRA INDONESIA
Advisor 1 / NIDN
Prof. Dr. MOH. KARMIN BARUADI, M.Hum / 0026105810
Advisor 2 / NIDN
Dr. MUSLIMIN, S.Pd, M.Pd / 0017087705
Abstract
ABSTRAK Surnita K. Dilao. 2015. "Kemampuan Menulis Pantun yang Sesuai dengan Syarat Pantun pada Peserta Didik Kelas VII SMPN 1 Suwawa Tahun Pelajaran 2015/2016 ", (dibawah bimbingan Prof. Dr. H. Moh. Karmin Baruadi, M.Hum selaku pembimbing I dan Dr. Muslimin, S.Pd., M.Pd selaku dosen pembimbing II) Skripsi, Jurusan Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Fakultas Sastra dan Budaya, Universitas Negeri Gorontalo. Permasalahan dalam penelitian ini adalah, (1) Bagaimanakah kemampuan peserta didik dalam menulis pantun yang sesuai dengan syarat pantun di kelas VIID SMPN 1 Suwawa? (2) Faktor-faktor apa sajakah yang menghambat kemampuan peserta didik dalam menulis pantun yang sesuai dengan syarat pantun? (3) Bagaimanakah upaya untuk mengatasi faktor-faktor yang menghambat kemampuan peserta didik dalam menulis pantun yang sesuai dengan syarat pantun?. Secara umum penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan peserta didik dalam menulis pantun yang sesuai dengan syarat pantun. Adapun jenis penelitian yang digunakan yaitu penelitian deskriptif dengan metode kualitatif. Data dikumpulkan dengan teknik tes kemampuan dan wawancara. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan beberapa tahapan yakni (1) mengoreksi pantun. (2) memberikan skor. (3) memberi nilai dengan mengunakan rumus. (4) mencari nilai rata-rata peserta didik . (5) nilai yang diperoleh diklasifikasi dalam bentuk kategori. (6) merumuskan Kesimpulan hasil penilitian. Hal ini dimaksudkan agar memperoleh hasil akhir dari keseluruhan penelitian atau kesimpulan dari permasalahan tersebut. Hasil penelitian menunjukan bahwa kemampuan peserta didik dalam menulis pantun yang sesuai dengan syarat pantun di kelas VIID SMPN 1 Suwawa dengan perolehan pada aspek penilaian kesesuaian dengan syarat-syarat pantun berjumlah 52, pada aspek kemenarikan isi pantun 40, dan pada aspek diksi 36 dengan jumlah skor keseluruhan yaitu 128. Kesimpulan penelitian ini yakni dari hasil analisis menunjukan bahwa kemampuan peserta didik dalam menulis pantun yang sesuai dengan syarat pantun, jumlah skor keseluruan yaitu 128 dan jumlah nilai 1280 dengan rata-rata 75% termasuk kategori nilai baik. Faktor-faktor yang menghambat kemampuan menulis pantun yaitu faktor guru, peserta didik, media dan metode yang digunakan dalam proses pembelajaran. Upaya terhadap masalah kemampuan peserta didik dalam menulis pantun dapat dilakukan dari aspek guru, peserta didik, media dan metode yang digunakan guru dalam proses pembelajaran. Kata Kunci: Kemampuan, menulis pantun, syarat-syarat pantun.
Download files

ARCHIVES

2024
Year Essay 2024
2023
Year Essay 2023
2022
Year Essay 2022
2021
Year Essay 2021
2020
Year Essay 2020
2019
Year Essay 2019
2018
Year Essay 2018
2017
Year Essay 2017
2016
Year Essay 2016
2015
Year Essay 2015
2014
Year Essay 2014
2013
Year Essay 2013
2012
Year Essay 2012
2011
Year Essay 2011