ESSAY

Writer / NIM
MULNI FITRIANI / 311410039
Study Program
S1 - PENDIDIKAN BAHASA DAN SASTRA INDONESIA
Advisor 1 / NIDN
Dr. FATMAH AR UMAR, M, Pd / 0004016005
Advisor 2 / NIDN
Dr. ASNA NTELU, M.Hum / 0009106211
Abstract
ABSTRAK Mulni Fitriani. 2016. Kelayakan Soal Ujian Akhir Semester Mata Pelajaran Bahasa Indonesia kelas XII SMA Negeri 1 Kusambi Kabupaten Muna Tahun Ajaran 2014/2015. Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Vakultas Sastra dan Budaya, Prodi Pendidikan Bahasa Indonesia, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing 1, Dr. Fatmah AR. Umar, M.Pd dan pembimbing II Dr. Hj. Asna Ntelu, M.Hum. Permasalahan dalam penelitian ini adalah: (1) bagaimanakah kelayakan Soal Ujian Akhir Sekolah mata pelajaran Bahasa Indonesia kelas XII SMA Negeri 1 Kusambi Kabupaten Muna Tahun Ajaran 2014/2015 dilihat dari keberfungsian distraktor, tingkat kesukaran butir soal, validitas item, dan reliabilitasnya? Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kuantitatif. Metode ini digunakan untuk mendeskripsikan hasil kelayakan soal Ujian Akhir Sekolah Mata Pelajaran Bahasa Indonesia kelas XII SMA Negeri 1 Kusambi Kabupaten Muna Tahun Ajaran 2014/2015. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan metode dokumentasi dan observasi dengan mengumpulkan lembar jawaban siswa, kunci jawaban dan lembar soal. Teknik analisis data terdiri atas prosedur, (1) mengidentifikasi jawaban benar dan salah pada lembar jawaban siswa yang disesuaikan dengan kunci jawaban, (2) mengukur tingkat kesukaran, melihat keberfungsian distraktornya, memvalidasi soal-soal tes sesuai jawaban siswa, kemudian menguji reliabilitas soal sesuai hasil jawaban siswa, (3) menyimpulkan hasil analisis data. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kelayakan soal ujian akhir sekolah yang dibuat oleh guru tersebut masih cukup layak digunakan. Hal ini dapat dilihat dari tingkat kesukaran butir soal terdapat 1 soal (2.5%) yang kategori sukar, 39 soal (97.5%) yang kategori sedang sedangkan yang tidak diperoleh siswa adalah kategori mudah (0%). Validasi soal dilihat dari keberfungsian distraktornya menunjukkan butir soal yang berfungsi 28 soal (90.5%) sedangkan soal yang tidak berfungsi (7.5%). Validasi soal dilihat dari validitas itemnya terdapat 9 butir soal yang dinyatakan valid dan 31 butir soal tergolong tidak valid. Validasi soal dilihat dari reliabilitasnya dan hasil setelah diuji secara keseluruhannya tingkat reliabilitas tes sebesar 0.83 sesuai dengan batasan yang telah ditentukan pada =0.01 dan N=38 maka rtabel=4.13, karenah rhitung
Download files

ARCHIVES

2024
Year Essay 2024
2023
Year Essay 2023
2022
Year Essay 2022
2021
Year Essay 2021
2020
Year Essay 2020
2019
Year Essay 2019
2018
Year Essay 2018
2017
Year Essay 2017
2016
Year Essay 2016
2015
Year Essay 2015
2014
Year Essay 2014
2013
Year Essay 2013
2012
Year Essay 2012
2011
Year Essay 2011