ESSAY

Writer / NIM
SILVANA MOKODENSEHO / 311410089
Study Program
S1 - PENDIDIKAN BAHASA DAN SASTRA INDONESIA
Advisor 1 / NIDN
Prof. Dr. SUPRIYADI, M.Pd / 0006086809
Advisor 2 / NIDN
Dr. ASNA NTELU, M.Hum / 0009106211
Abstract
ABSTRAK Silvana Mokodenseho. Pembelajaran Menulis Paragraf Argumentasi pada Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Bintauna Tahun Pelajaran 2014/2015. Skripsi. Jurusan Bahasa dan Sastra Indonesia Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Fakultas Sastra dan Budaya Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Prof. Dr. Supriyadi, M.Pd, dan pembimbing II Dr. Asna Ntelu, M.Hum Pembelajaran memiliki hakikat perencanaan, atau perancangan sebagai upaya untuk membelajarkan siswa. Permasalahan dalam penelitian ini adalah: (1) RPP pembelajaran menulis paragraf argumentasi pada siswa kelas X SMA Negeri 1 Bintauna, (2) Pelaksanaan pembelajaran menulis paragraf argumentasi pada siswa kelas X SMA Negeri 1 Bintauna, (3) Pelaksanaan evaluasi pembelajaran menulis paragraf argumentasi pada siswa kelas X SMA Negeri 1 Bintauna. Metode penelitian yang digunakan yaitu metode deskriptif. Teknik pengumpulan data adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data adalah reduksi data, display data, dan verification. Berdasarkan hasil penelitian dan analisis data diperoleh cakupan 1) Rencana pelaksanaan pembelajaran yang digunakan guru pada kelas X SMA 1 Bintauna tidak sesuai dengan komponen RPP yang ada dalam Permen No. 41 Tahun 2007 tentang standar proses. Komponen yang tidak sesuai tersebut adalah metode, langkah-langkah kegiatan pembelajaran pada tahap konfirmasi, tidak dicantumkannya indikator pencapaian kompetensi. 2) Pelaksanaan pembelajaran menulis paragraf argumentasi terutama pada kegiatan inti pembelajaran, terdapat beberapa langkah yang tidak sesuai dengan yang direncanakan dalam RPP. Langkah-langkah yang tidak sesuai adalah a) guru tidak melaksanakan tahap elaborasi dan konfirmasi, b) pada kegiatan penutup guru tidak menyimpulkan materi pembelajaran, dan 3) Bentuk penilaian dan instrumen yang dibuat guru tidak sesuai dengan tujuan dalam pembelajaran menulis paragraf argumentasi. Oleh karena tugas yang diberikan kepada siswa hanya berupa praktek menulis paragraf argumentasi, seharusnya bentuk penilainnya adalah nontes. Kata Kunci: Pembelajaran Menulis, Paragraf Argumentasi.
Download files

ARCHIVES

2024
Year Essay 2024
2023
Year Essay 2023
2022
Year Essay 2022
2021
Year Essay 2021
2020
Year Essay 2020
2019
Year Essay 2019
2018
Year Essay 2018
2017
Year Essay 2017
2016
Year Essay 2016
2015
Year Essay 2015
2014
Year Essay 2014
2013
Year Essay 2013
2012
Year Essay 2012
2011
Year Essay 2011