ESSAY

Writer / NIM
KARTIKA RADJAMUDA / 311410105
Study Program
S1 - PENDIDIKAN BAHASA DAN SASTRA INDONESIA
Advisor 1 / NIDN
Prof. Dr. SUPRIYADI, M.Pd / 0006086809
Advisor 2 / NIDN
Dr. ASNA NTELU, M.Hum / 0009106211
Abstract
ABSTRAK Kartika Radjamuda, 2017. Pembelajaran Menulis Teks Pengumuman dengan Metode Kooperatif Tipe STAD Pada Siswa Kelas VII SMP Muhammadiyah Tilango. Skripsi. Jurusan Bahasa Indonesia, Fakultas Sastra Dan Budaya, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I: Prof. Dr. Supriyadi, M.Pd; Pembimbing II: Dr. Asna Ntelu, M.Hum. Penelitian dilatar belakangi oleh observasi awal pada kelas VII SMP Muhammadiyah Tilango berupa kurangnya kemampuan siswa dalam pembelajaran menulis teks pengumuman. Untuk memperbaiki motivasi belajar siswa dilakukan penelitian pembelajaran menulis teks pengumuman dengan metode kooperatif tipe STAD. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pembelajaran menulis teks pengumuman dengan metode kooperatif tipe STAD pada siswa kelas VII SMP Muhammadiyah Tilango, mendeskripsikan kendala dalam pembelajaran menulis teks pengumuman dengan metode kooperatif tipe STAD, dan juga mendeskripsikan cara mengatasi kendala yang didapat dalam pembelajaran menulis teks pengumuman dengan metode tipe STAD pada siswa kelas VII SMP Muhammadiyah Tilango. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskripsi kualitatif yaitu menggambarkan bagaimana pembelajaran menulis teks pengumuman dengan metode kooperatif tipe STAD. Tehnik pengumpulan data pada penelitian ini mencakup tiga hal yakni observasi, dokumentasi, dan analisis data. Hasil penelitian pembelajaran menulis teks pengumuman dengan metode kooperatif tipe STAD terdiri dari 3 tahap yaitu: (1) prapembelajaran, (2) kegiatan inti pembelajaran, dan (3) kegiatan akhir pelajaran. Masing-masing tahapan tersebut mempunyai indikator yang menjadi tolak ukur keberhasilan pembelajaran menulis teks pengumuman dengan metode kooperatif tipe STAD. Kata-kata kunci: pembelajaran, teks pengumuman, metode, pembelajaran kooperativ tipe STAD
Download files

ARCHIVES

2024
Year Essay 2024
2023
Year Essay 2023
2022
Year Essay 2022
2021
Year Essay 2021
2020
Year Essay 2020
2019
Year Essay 2019
2018
Year Essay 2018
2017
Year Essay 2017
2016
Year Essay 2016
2015
Year Essay 2015
2014
Year Essay 2014
2013
Year Essay 2013
2012
Year Essay 2012
2011
Year Essay 2011