ESSAY

Writer / NIM
SANDRA DJAMA / 311410110
Study Program
S1 - PENDIDIKAN BAHASA DAN SASTRA INDONESIA
Advisor 1 / NIDN
Prof. Dr. SUPRIYADI, M.Pd / 0006086809
Advisor 2 / NIDN
Dr. FATMAH AR UMAR, M, Pd / 0004016005
Abstract
ABSTRAK Djama, Sandra. 2017. Penggunaan Kalimat Tanya pada Anak Usia Dini, (Studi Deskriptif di TK Pembina Desa Bulontio Barat Kec. Sumalata Kab. Gorontalo Utara). Skripsi. Gorontalo: Jurusan Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Fakultas Sastra dan Budaya Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I: Prof. Dr. Supriyadi, M.Pd; Pembimbing II: Dr. Fatma AR. Umar M.Pd. Permasalahan dalam penelitian ini adalah Penggunaan Jenis-Jenis Kalimat Tanya Anak Usia Dini, Penggunaan Makna Kalimat Tanya Anak Usia Dini, dan Penggunaan Struktur Kalimat Tanya Anak Usia Dini yakni: (1) Untuk mendeskripsikan jenis-jenis kalimat tanya anak usia dini?, (2) Untuk mendeskripsikan fungsi kalimat tanya anak usia dini? dan, (3) untuk mendeskripsikan struktur kalimat tanya anak usia dini? Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Mendeskripsikan penggunaan jenis-jenis kalimat tanya pada anak usia dini di TK Pembina, (2) Mendeskripsikan fungsi kalimat tanya pada anak usia dini di TK Pembina, dan (3) Mendeskripsikan struktur kalimat tanya pada anak usia dini di TK Pembina. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif dan mengacu teori bentuk kalimat tanya kajian linguistik. Penelitian ini yang menjadi informan adalah anak usia dini di TK Pembina Desa Bulontio Barat Kecamatan Sumalata Kabupaten Gorontalo Utara. Setelah melakukan penelitian, diperoleh hasil penelitian sebagai berikut. (1) penggunaan jenis-jenis kalimat tanya pada anak usia dini; (2) Fungsi penggunaan kalimat tanya pada anak usia dini,dan (3) Struktur kalimat tanya pada anak usia dini. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa, jenis-jenis kalimat Tanya terbagi atas lima yaitu, (1) kalimat tanya biasa, (1) kalimat tanya retotirs, (2) kalimat tanya tersamar, (3) kalimat tanya klarifikasi, dan (4) kalimat tanya perintah. fungsi kalimat Tanya sebagai berikut. (1) untuk menggali informasi, (2) untuk meminta atau memohon, (3) untuk memperjelas suatu persoalan, (4) melarang atau mengajak seseorang, dan (5) merayu,menyindir, meyakinkan, dan menyanggah. Strutkur kalimat tanya yang digunakan adalah (1) struktur kalimat berita + kata tanya apa, (2) struktur penggantian unsur kalimat berita dengan kata tanya, (3) menggunakan struktur inversi kalimat berita + intonasi tanya, dan (4) struktur kalimat perintah langsung. Sedangkan saran dalam penelitian adalah sebagai guru bahasa Indonesia seahrusnya di lingkungan pendidikan diterapakn sebuah peraturan untuk menggunakan bahasa Indonesia dilingkungan pendidikan khususnya pada anak usia dini. Kata-kata kunci: jenis, fungsi, struktur, kalimat tanya, anak usia dini.
Download files

ARCHIVES

2024
Year Essay 2024
2023
Year Essay 2023
2022
Year Essay 2022
2021
Year Essay 2021
2020
Year Essay 2020
2019
Year Essay 2019
2018
Year Essay 2018
2017
Year Essay 2017
2016
Year Essay 2016
2015
Year Essay 2015
2014
Year Essay 2014
2013
Year Essay 2013
2012
Year Essay 2012
2011
Year Essay 2011