ESSAY

Writer / NIM
RESTIN BOLIO / 311411028
Study Program
S1 - PENDIDIKAN BAHASA DAN SASTRA INDONESIA
Advisor 1 / NIDN
Prof. Dr. SUPRIYADI, M.Pd / 0006086809
Advisor 2 / NIDN
Dr. FATMAH AR UMAR, M, Pd / 0004016005
Abstract
ABSTRAK Restin Bolio. 2015. Efektifitas Strategi Belajar Picture and Picture dalam Pembelajaran Keterampilan Menulis Teks Berita pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 4 Dulupi Tahun Pelajaran 2014/2015. Skripsi, Jurusan Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Fakultas Sastra dan Budaya, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Prof. Dr. Supriyadi, M.Pd dan Pembimbing II Dr. Fatma AR. Umar, M.Pd Permasalahan dalam penelitian ini yaitu bagaimanakah efektivitas strategi belajar picture and picture dalam pembelajaran keterampilan menulis teks berita pada siswa kelas VIII SMP Negeri 4 Dulupi tahun pelajaran 2014/2015. Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan untuk melihat Efektivitas strategi belajar picture and picture dalam pembelajaran keterampilan menulis teks berita pada siswa kelas VIII SMP Negeri 4 Dulupi tahun pelajaran 2014/2015. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah meode deskriptif dengan jenis penelitian deskriptif eksperimental. Metode deskriptif yang digunakan dalam penelitian ini adalah tabel, grafik, dan rata-rata untuk mendeskripsikan ataupun menggambarkan data hasil ketarampilan menulis teks berita yang diperoleh melalui pengukuran pritest dan posttest. dengan desain the one group prettes-posttest design tidak secara random. Penelitian ini menggunakan satu kelas saja untuk dijadikan sampel penelitian. Tehnik pengumpulan data menggunakan teknik pretes-postes. Data yang diperoleh diuji menggunakan rumus uji t sampel berhubungan, namun sebelum masuk pada rumus uji t terlebih dahulu data pretest dan posttest di uji normalitas datanya. Hasil analisis uji t sampel berhubungan terhadap data pretest dan posttest menunjukkan, Dari hasil perhitungan dengan menggunakan uji t dependen diperoeleh t hitung = 30,187 ternyata lebih besar dari nilai t tabel = 2,05 pada taraf signifikansi = 0,05. Hal ini berarti hipotesis nol yang menyatakan rata-rata keterampilan menulis teks berita setelah dibelajarkan dengan strategi belajar picture and picture lebih rendah atau sama dengan rata-rata keterampilan menulis teks berita sebelum diberi perlakuan ditolak. Dengan demikian hipotesis alternative yang menyatakan rata-rata keterampilan menulis teks berita setelah diberi perlakuan dibelajarkan dengan strategi belajarpicture and picture lebih tinggi daripada rata-rata keterampilan menulis teks berita sebelum diberi perlakuan diterima. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa strategi belajar picture and picture efektiv dalam pembelajaran keterampilan menulis teks berita pada siswa kelas VIII SMP Negeri 4 Dulupi tahun pelajaran 2014/2015. Kata-Kata Kunci : efektivitas, picture and picture, teks beita, hasil belajar
Download files

ARCHIVES

2024
Year Essay 2024
2023
Year Essay 2023
2022
Year Essay 2022
2021
Year Essay 2021
2020
Year Essay 2020
2019
Year Essay 2019
2018
Year Essay 2018
2017
Year Essay 2017
2016
Year Essay 2016
2015
Year Essay 2015
2014
Year Essay 2014
2013
Year Essay 2013
2012
Year Essay 2012
2011
Year Essay 2011