ESSAY

Writer / NIM
LESMITA HUSYAIN / 311411127
Study Program
S1 - PENDIDIKAN BAHASA DAN SASTRA INDONESIA
Advisor 1 / NIDN
Prof. Dr. SAYAMA MALABAR, M.Pd / 0029076008
Advisor 2 / NIDN
Dr. ASNA NTELU, M.Hum / 0009106211
Abstract
ABSTRAK Lesmita Husyain. 2017. Analisis Kesulitan Menceritakan Pengalaman Pribadi Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Tilango Tahun Pelajaran 2016/2017. Skripsi. Jurusan Bahasa dan Sastra Indonesia Fakultas Sastra dan Budaya Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I: Prof. Dr. Hj. Sayama Malabar, M.Pd dan pembimbing II: Dr. Hj. Asna Ntelu, M.Hum. Menceritakan pengalaman merupakan kegiatan mengungkapkan pikiran, pengetahuan, peristiwa, yang dirasakan. Oleh karena itu penelitian bertujuan untuk: mendeskripsikan kesulitan-kesulitan siswa dalam menceritakan pengalaman pribadi dilihat dari aspek menyampaikan judul cerita pengalaman pribadi, mendeskripsikan kesulitan-kesulitan siswa dalam menceritakan isi cerita pengalaman pribadi, mendeskripsikan kesulitan siswa menyampaikan urutan waktu terjadinya peristiwa dalam cerita pengalaman pribadi, mendeskripsikan kesulitan siswa dalam menjabarkan ide cerita pengalaman pribadi, mendeskripsikan kesulitan siswa dalam merangkaikan paragraf-paragraf dalam cerita pengalaman. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif jenis kualitatif. Sumber data dalam penelitian ini adalah siswa kelas X SMA Negeri 1 Tilango, yang diperoleh dari tekhnik observasi, wawancara dan rekaman, Data diamati dengan cara menyalin data hasil rekaman siswa menceritakan pengalaman pribadi, mengindentifikasi kesulitan siswa, mengidentifikasi faktor-faktor penyebab kesulitan, mengklasifikasi, menginterpretasi, dan menyimpulkan data hasil penelitian. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: dari analisis kesulitan siswa menceritakan pengalaman yang ditinjau dari aspek penilaian masih banyak siswa yang mengalami kesulitan, faktor penyebab kesulitan siswa menceritakan pengalaman pribadi yaitu: menyampaikan judul cerita pengalaman, menceritakan isi cerita pengalaman, menyampaikan urutan waktu terjadinya peristiwa dalam cerita pengalaman, menjabarkan ide cerita pengalaman, merangkaikan paragraf-paragraf dalam cerita pengalaman. solusi terhadap kendala yang dihadapi siswa dalam menceritakan pengalaman pribadi yaitu. Guru lebih maksimal dalam memperhatikan siswa ketika pembelajaran berlangsung, penyajian materi dimaksimalkan. Simpulan penelitian ini menunjukkan bahwa dari 26 siswa, siswa yang mengalami kesulitan dari kelima aspek yang dinilai berjumlah 13 siswa (50%), dan yang tidak mengalami kesulitan berjumlah 13 siswa (50%). Kata-kata kunci: analisis, kesulitan menceritakan, pengalaman pribadi.
Download files

ARCHIVES

2024
Year Essay 2024
2023
Year Essay 2023
2022
Year Essay 2022
2021
Year Essay 2021
2020
Year Essay 2020
2019
Year Essay 2019
2018
Year Essay 2018
2017
Year Essay 2017
2016
Year Essay 2016
2015
Year Essay 2015
2014
Year Essay 2014
2013
Year Essay 2013
2012
Year Essay 2012
2011
Year Essay 2011