ESSAY

Writer / NIM
HIKMAH IKLIMA WUISANG / 311412039
Study Program
S1 - PENDIDIKAN BAHASA DAN SASTRA INDONESIA
Advisor 1 / NIDN
Prof. Dr. SAYAMA MALABAR, M.Pd / 0029076008
Advisor 2 / NIDN
Dr. MUSLIMIN, S.Pd, M.Pd / 0017087705
Abstract
ABSTRAK Hikmah I. Wuisang. 2018. Pembelajaran Memahami Struktur dan Unsur Kebahasaan Teks Cerita Fabel pada Siswa Kelas VIII-1 SMP Negeri 1 Limboto, Tahun Pelajaran 2016/2017. Skripsi Jurusan Bahasa Indonesia, Fakultas Sastra dan Budaya, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I: Prof. Dr. Hj. Sayama Malabar, M.Pd, dan Pembimbing II: Dr. Muslimin, S.Pd, M.Pd. Teks cerita fabel merupakan teks cerita yang memiliki struktur dan unsur kebahasaan. Untuk dapat memahami teks cerita fabel, haruslah mengenali dan memahami struktur dan unsur kebahasaan teks fabel terlebih dahulu. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan (1) RPP yang digunakan guru dalam pembelajaran memahami struktur dan unsur kebahasaan teks cerita fabel pada siswa kelas VIII-1 SMP Negeri I Limboto Tahun Pelajaran 2016/2017, (2) pelaksanaan pembelajaran memahami struktur dan unsur kebahasaan teks cerita fabel pada siswa kelas VIII-1 SMP Negeri I Limboto Tahun Pelajaran 2016/2017, (3) evaluasi pembelajaran memahami struktur dan unsur kebahasaan teks cerita fabel pada siswa kelas VIII-1 SMP Negeri I Limboto Tahun Pelajaran 2016/2017. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif. Data penelitian ini adalah RPP, pelaksanaan pembelajaran dan evaluasi pembelajaran. Sumber data penelitian diperoleh dari proses kegiatan pembelajaran memahami struktur dan unsur kebahasaan teks fabel. Data yang terkumpul dianalisis dengan cara memeriksa RPP, mengamati proses pelaksanaan pembelajaran, menganalisis data, menyimpulkan hasil analisis data, dan melaporkan hasil analisis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) RPP yang digunakan guru sebagian sesuai dengan komponen yang ada pada Permendikbud No. 22 tahun 2016 namun masih terdapat beberapa aspek yang tidak sesuai dengan IPK, seperti: KD, tujuan pembelajaran, materi pembelajaran, dan penilaian dalam RPP, (2) pelaksanaan pembelajaran yang dilaksanakan dalam pembelajaran memahami struktur dan unsur kebahasaan teks cerita fabel terdapat kekurangan dan tidak sesuai dengan pedoman dalam RPP seperti guru tidak menyampaikan KD dan IPK, (3) evaluasi yang digunakan guru dalam pembelajaran memahami struktur dan unsur kebahasaan teks cerita fabel tidak sesuai dengan instrumen yang ada dalam RPP seperti instrumen penilaian tidak sesuai dengan teknik penilaian yang digunakan guru. Berdasarkan hasil penelitian di atas dapat disimpulkan bahwa pembelajaran memahami struktur dan unsur kebahasaan teks cerita fabel pada siswa kelas VIII-1 SMP Negeri I Limboto Tahun Pelajaran 2016/2017 belum dilaksanakan sesuai RPP yang digunakan guru. Kata-kata Kunci: pembelajaran, memahami, struktur, unsur kebahasaan, teks cerita fabel
Download files

ARCHIVES

2024
Year Essay 2024
2023
Year Essay 2023
2022
Year Essay 2022
2021
Year Essay 2021
2020
Year Essay 2020
2019
Year Essay 2019
2018
Year Essay 2018
2017
Year Essay 2017
2016
Year Essay 2016
2015
Year Essay 2015
2014
Year Essay 2014
2013
Year Essay 2013
2012
Year Essay 2012
2011
Year Essay 2011