ESSAY

Writer / NIM
ANDRIANI DAUD / 311412106
Study Program
S1 - PENDIDIKAN BAHASA DAN SASTRA INDONESIA
Advisor 1 / NIDN
Prof. Dr. SAYAMA MALABAR, M.Pd / 0029076008
Advisor 2 / NIDN
Prof. Dr. SUPRIYADI, M.Pd / 0006086809
Abstract
Andriani Daud. 2016. Hubungan antara Ketepatan Pemilian Bahan Ajar dengan Hasil Belajar Menulis Kreatif Puisi Siswa Kelas VII SMP Negeri 7 Wonosari Tahun Pelajaran 2015/2016. Skripsi, Jurusan Bahasa dan Sastra Indonesia, Fakutas Sastra dan Budaya, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Prof. Dr. Hj. Sayama Malabar, M.Pd. dan Pembimbing II Prof. Dr. Supriyadi, M.Pd. Bahan ajar adalah seperangkat material yang digunakan guru/instruktur dalam proses belajar mengajar. Bahan ajar sangat penting dalam proses mencapai keberhasilan pembelajaran yakni menunjukkan hasil belajar. Oleh sebab itu, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan ketepatan pemilihan bahan ajar dengan hasil belajar menulis kreatif puisi siswa. Penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 7 Wonosari selang waktu april-juni tahun pelajaran 2015/2016. Subjek penelitian adalah siswa kelas VII SMP Negeri 7 Wonosari yang berjumlah 40 orang. Metode yang digunakan adalah metode kuantitatif. Teknik pengumpulan data sesuai dengan permasalahan digunakan angket dan tes. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan rumus uji statistik korelasi product moment. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara ketepatan pemilihan bahan ajar dengan hasil belajar menulis kreatif puisi siswa kelas VII SMP Negeri 7 Wonosari tahun pelajaran 2015/2016. Hal ini dibuktikan oleh hasil pengujian signifikan koefisien korelasi diperoleh thitung= 5,22 Lebih besar dari nilai ttabel =1,685. Hasil pengujian persamaan regresi Y = 38,41 + 0,17X, yang artinya bahwa setiap penambahan skor yang terjadi sebesar satu unit pada ketepatan pemilihan bahan ajar, maka akan diikuti oleh kenaikan sebesar 0,17 hasil belajar pada konstanta 38,41. Koefisien korelasi diperoleh rhitung= 0,646 dan rtabel= 0,312 dimana tingkat hubungan antara ketepatan pemilihan bahan ajar dengan hasil belajar menulis kreatif puisi siswa dengan nilai koefisien determinasi sebesar r2 =0,4173, atau 41,73% yang menunjukkan bahwa ketepatan pemilihan bahan ajar memberikan kontribusi sebesar 41,73% terhadap hasil belajar siswa. Hipotesis yang berbunyi terdapat hubungan yang signifikan antara ketepatan pemilihan bahan ajar dengan hasil belajar menulis kreatif puisi siswa kelas VII SMP Negeri 7 Wonosari tahun pelajaran 2015/2016 dapat diterima. Artinya, semakin baik bahan ajar yang digunakan semakin baik pula hasil belajar siswa. Kata-kata kunci: hubungan, ketepatan pemilihan, bahan ajar, hasil belajar, menulis kreatif puisi
Download files

ARCHIVES

2024
Year Essay 2024
2023
Year Essay 2023
2022
Year Essay 2022
2021
Year Essay 2021
2020
Year Essay 2020
2019
Year Essay 2019
2018
Year Essay 2018
2017
Year Essay 2017
2016
Year Essay 2016
2015
Year Essay 2015
2014
Year Essay 2014
2013
Year Essay 2013
2012
Year Essay 2012
2011
Year Essay 2011