ESSAY

Writer / NIM
NURLELA MAMONTO / 311413013
Study Program
S1 - PENDIDIKAN BAHASA DAN SASTRA INDONESIA
Advisor 1 / NIDN
Prof. Dr. SAYAMA MALABAR, M.Pd / 0029076008
Advisor 2 / NIDN
Prof. Dr. SUPRIYADI, M.Pd / 0006086809
Abstract
ABSTRAK Nurlela Mamonto. 2018. Pembelajaran Memproduksi Teks Cerita Ulang Biografi pada Peserta Didik Kelas XI SMK Gotong Royong Telaga dengan Pendekatan Pedagogik Berbasis Genre tahun pelajaran 2017/2018. Skripsi. Jurusan Bahasa dan Sastra Indonesia, Fakultas Sastra dan Budaya, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I: Prof. Dr. Sayama Malabar, M.Pd, dan Pembimbing II: Prof. Dr. Supriyadi, M.Pd. Permasalahan dalam penelitian ini adalah (1) bagaimanakah RPP yang digunakan guru dalam proses pembelajaran?, (2) bagaimanakanh pelaksanaan proses pembelajaran memproduksi teks cerita ulang biografi?, (3) faktor-faktor yang menghambat pelaksanaan proses pembelajaran, dan (4) upaya-upaya yang dilakukan untuk mengatasi hambatan-hambatan dalam pelaksanaan proses pembelajaran memproduksi teks cerita ulang biografi pada peserta didik kelas XI SMK Gotong Royong Telaga tahun pelajaran 2017/2018. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan RPP, pelaksanaan proses pembelajaran, faktor-faktor yang menghambat proses pembelajaran, dan upaya untuk mengatasi faktor dalam proses pelaksanaan pembelajaran memproduksi teks cerita ulang biografi pada peserta didik kelas XI SMK Gotong Royong Telaga dengan pendekatan pedagogik berbasis genre tahun pelajaran 2017/2018. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif. Data penelitan ini berupa RPP, proses pembelajaran, faktor-faktor penghambat proses pembelajaran, dan upaya-upaya untuk mengatasi faktor penghambat. Sumber data berasal dari guru, peserta didik dan proses pembelajaran. Untuk memperoleh data tersebut digunakan teknik observasi dan wawancara. Hasil observasi, dan wawancara dianalisis dengan cara mentranskip data dari bahasa lisan ke bahasa tulis, menyajikan data yang telah diobservasi dan data melalui wawancara, menganalisis data berdasarkan masalah yang diteliti, serta menyimpulkan hasil analisis data. Berdasarkah hasil penelitian menunjukan bahwa (1) komponen RPP yang digunakan guru telah sesuai berdasarkan permendikbud No. 22 revisi tahun 2016, namun keterkaitan isi antara komponen-komponen RPP tidak saling menunjang, (2) proses pelaksanaan pembelajaran memproduksi teks cerita ulang biografi belum dilaksanakan sesuai dengan tahapan yang ada pada pendekatan pedagogik berbasis genre, (3) faktor yang menghambat pelaksanaan pembelajaran antara lain, faktor yang bersumber dari peserta didik, guru, segi fasilitas, dan segi lingkungan belajar, (4) upaya untuk mengatasi faktor penghambat pelaksanaan pembelajaran yaitu guru sebaiknya lebih kreatif dalam melaksanakan pendekatan sesuai dengan kondisi peserta didik maupun kondisi lingkungan belajar, serta ketersediaan media. Kata-kata kunci: pembelajaran, memproduksi, teks cerita ulang biografi, peserta didik, pendekatan pedagogik berbasis genre.
Download files

ARCHIVES

2024
Year Essay 2024
2023
Year Essay 2023
2022
Year Essay 2022
2021
Year Essay 2021
2020
Year Essay 2020
2019
Year Essay 2019
2018
Year Essay 2018
2017
Year Essay 2017
2016
Year Essay 2016
2015
Year Essay 2015
2014
Year Essay 2014
2013
Year Essay 2013
2012
Year Essay 2012
2011
Year Essay 2011