ESSAY

Writer / NIM
PUSPA DEWI PUTRI MAUKE / 311413077
Study Program
S1 - PENDIDIKAN BAHASA DAN SASTRA INDONESIA
Advisor 1 / NIDN
Prof. Dr. SUPRIYADI, M.Pd / 0006086809
Advisor 2 / NIDN
Dr. MUSLIMIN, S.Pd, M.Pd / 0017087705
Abstract
ABSTRAK Puspa Dewi Putri Mauke, 2017. Pembelajaran Menulis Surat Dinas dengan Strategi Belajar Konstruktivisme Pada Siswa Kelas VII/2 SMP Negeri 1 Dulupi Tahun Pelajaran 2016/2017. Skripsi, Program Studi S1 Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia. Fakultas Sastra dan Budaya. Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I: Prof. Dr. Supriyadi, M.Pd, Pembimbing II Dr. Muslimin, S.Pd, M.Pd. Penelitian ini dilaksanakan untuk memperoleh deskripsi (1) Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) yang digunakan dalam pembelajaran menulis surat dinas pada siswa kelas VII SMP Negeri 1 Dulupi, (2) pelaksanaan pembelajaran menulis surat dinas dengan strategi belajar konstruktivisme pada siswa kelas VII SMP Negeri 1 Dulupi, (3) hasil pembelajaran menulis surat dinas dengan strategi belajar konstruktivisme pada siswa kelas VII SMP Negeri 1 Dulupi, dan (4) faktor-faktor yang mendukung dan menghambat pelaksanaan pembelajaran menulis surat dinas dengan strategi belajar konstruktivisme pada siswa kelas VII SMP Negeri 1 Dulupi tahun pelajaran 2016/2017. Berdasarkan hasil penelitian menunjukan (1) RPP yang digunakan guru pada siswa kelas VII SMP Negeri 1 Dulupi sudah sesuai dengan komponen RPP yang ada dalam Permen No.41 Tahun 2007 tentang standar proses. (2) Langkah-langkah pelaksanaan pembelajaran pada tahap konfirmasi yaitu pada pelaksanaan akhir kegiatan pembelajaran guru hanya melakukan evaluasi dan refleksi. Pada kegiatan akhir pembelajaran guru tidak memberikan tugas akhir kepada siswa karena keterbatasan waktu. (3) hasil pembelajaran menulis surat dinas dengan strategi belajar konstruktivisme dilihat dari hasil belajar menunjukan bahwa dari 22 orang siswa yang diberikan tugas menulis surat dinas dengan strategi belajar konstruktivisme nilai diperoleh tidak terdapat nilai di bawah KKM. (4) Hal tersebut disebabkan oleh hambatan-hambatan yang guru temui yaitu guru masih didominan penggunaan metode ceramah, penggunaan waktu, guru belum memaksimalkan media pembelajaran, belum semua ruangan kelas terpasang aliran listrik. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa. Pembelajaran, menulis, surat dinas, dan strategi belajar konstruktivisme. Sangat membantu siswa mudah memahami materi, sehingga siswa dapat mengonstruksi pengetahuan berdasarkan pengalaman yang mereka dapatkan tentang penyusunan sistematika dan cara menulis surat dinas dengan baik. Kata kunci: pembelajaran, menulis, surat dinas, konstruktivisme.
Download files

ARCHIVES

2024
Year Essay 2024
2023
Year Essay 2023
2022
Year Essay 2022
2021
Year Essay 2021
2020
Year Essay 2020
2019
Year Essay 2019
2018
Year Essay 2018
2017
Year Essay 2017
2016
Year Essay 2016
2015
Year Essay 2015
2014
Year Essay 2014
2013
Year Essay 2013
2012
Year Essay 2012
2011
Year Essay 2011