ESSAY

Writer / NIM
MARDIANA ARIS / 311414020
Study Program
S1 - PENDIDIKAN BAHASA DAN SASTRA INDONESIA
Advisor 1 / NIDN
Dr. SALAM, S.Pd, M.Pd / 0006087703
Advisor 2 / NIDN
Dr. MUSLIMIN, S.Pd, M.Pd / 0017087705
Abstract
ABSTRAK Mardiana Aris, 2021. Hasil Belajar Siswa Kelas VIII Menyajikan Drama dalam Bentuk Pentas di Masa Pandemic Covid-19 (Penelitian Deskriptif di SMP Negeri 3 Gorontalo). Skripsi. Jurusan Bahasa dan Sastra Indonesia. Fakultas Sastra dan Budaya. Pembimbing I Dr. Salam, S.Pd., M.Pd., Pembimbing II Dr. Muslimin, S.Pd. M.Pd. Hasil belajar siswa merupakan bagian penting yang harus dicapai oleh siswa dengan bantuan arahan oleh guru dalam pembelajaran. Oleh sebab itu, penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan (1) pelaksanaan pembelajaran drama pada siswa kelas VIII; (2) mendeskripsikan hasil belajar drama pada siswa kelas VIII. Penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 3 Gorontalo tahun pelajaran 2020/2021. Metode yang digunakan yaitu deskriptif dan jenis penelitian kualitatif. Data penelitian berupa hasil belajar siswa dalam menyajikan drama dalam bentuk pentas atau naskah. Sumber datanya diperoleh dari RPP dan pelaksanaan pembelajaran bahasa Indonesia serta hasil belajar siswa setelah evaluasi. Data-data tersebut dikumpulkan menggunakan teknik dokumen, teknik wawancara, dan teknik rekaman. Data yang diperoleh dianalisis dengan cara mereduksi data, penyajian data, serta penarikan kesimpulan dan verifikasi mengenai hasil belajar siswa dalam menyajikan drama dalam bentuk pentas atau naskah. . Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) RPP yang digunakan guru dalam proses belajar mengajar materi drama di masa pandemic Covid-19 sudah sesuai dengan tatacara pelaksanaan pembelajaran di masa darurat Covid-19. (2) hasil belajar belajar siswa menyajikan drama dalam bentuk pentas atau naskah telah menunjukkan peningkatan karena siswa yang terbagi dalam tiga kelompok yang berbeda telah mendapatkan nilai yang memenuhi KKM yakni kelompok 1 dengan nilai 100, kelompok 2 dengan nilai 92 dan kelompok 3 dengan nilai 92. Hal ini menunjukkan bahwa hasil belajar siswa dalam menyajikan drama dalam bentuk pentas atau naskah sudah baik dan meningkat. Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa hasil belajar siswa dalam menyajikan drama dalam bentuk pentas atau naskah sudah baik dengan perolehan nilai rata-rata 95. Kata-kata Kunci: hasil belajar, menyajikan drama, dan pentas.
Download files

ARCHIVES

2024
Year Essay 2024
2023
Year Essay 2023
2022
Year Essay 2022
2021
Year Essay 2021
2020
Year Essay 2020
2019
Year Essay 2019
2018
Year Essay 2018
2017
Year Essay 2017
2016
Year Essay 2016
2015
Year Essay 2015
2014
Year Essay 2014
2013
Year Essay 2013
2012
Year Essay 2012
2011
Year Essay 2011