ESSAY

Writer / NIM
ADRIYANTO IS HALADA / 311414091
Study Program
S1 - PENDIDIKAN BAHASA DAN SASTRA INDONESIA
Advisor 1 / NIDN
Prof. Dr. SAYAMA MALABAR, M.Pd / 0029076008
Advisor 2 / NIDN
Dr. HERMAN DIDIPU, S.Pd., M.Pd. / 0011018301
Abstract
ABSTRAK Adriyanto Is. Halada. 2021. Rancangan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Berdasarkan Bahan Ajar BIPA Pada Tingkat Pemula. Skripsi. Jurusan Bahasa dan Sastra Indonesia. Fakultas Sastra dan Budaya. Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I: Prof. Dr. Sayama Malabar, S.Pd., M.Pd. Pembimbing II: Dr. Herman Didipu, S.Pd., M.Pd. Fokus Penelitian ini adalah 1) Bagaimanakah isi bahan ajar BIPA pada tingkat pemula, 2) Bagaimanakah rancangan rencana pelaksanaan pembelajaran berdasarkan bahan ajar BIPA pada tingkat pemula. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan isi dan rancangan rencana pelaksanaan pembelajaran dengan menggunakan bahan ajar bipa tingkat pemula. Menurut Yatmini (2016: 172-173) Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) merupakan syarat mutlak terselenggaranya proses pembelajaran yang kondusif yang menjanjikan terjadinya peningkatan belajar peserta didik. Landasan untuk menyusun RPP adalah PP Nomor 19 tahun 2005 tentang SNP Pasal 20 dan PERMENDIKBUD Nomor 22 Tahun 2016. Penelitian ini menggunakan penelitian deskriptif dengan jenis penelitian kualitatif. Bahan ajar yang digunakan dalam penelitian ini adalah Sahabatku Indonesia Tingkat Pemula yang diterbitkan oleh Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa, Kemendikbud. Teknik pengumpulan data penelitian menggunakan teknik baca, teknik catat, dan dokumen bahan ajar. Analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif. Data yang diperoleh dari perencanaan, pelaksanaan, dan hasil yang dihadapi oleh pengajar dalam proses pembelajaran. Hasil penelitian ini adalah 1) Isi bahan ajar BIPA tingkat pemula yakni (1) Valid, (2) Tingkat Kepentingan, (3) Kebermaknaan, (4) Layak dipelajari, (5) Menarik Minat, 2) Rancangan RPP menggunakan bahan ajar BIPA tingkat Pemula yakni Menyapa, Berkenalan, Keluargaku, Hari Ulang Tahun, Jalan-jalan, Penyayang Binatang, Penunjuk Arah, Kegiatan Sehari-hari, Rumah Santi, dan Lagu Populer Indonesia. Simpulan penelitian ini adalah 1) isi bahan ajar Sahabatku Indonesia tingkat pemula sudah memenuhi kriteria-kriteria yakni Valid, Tingkat Kepentingan, Kebermaknaan, Layak dipelajari, dan Menarik Minat. 2) Rancangan RPP berdasarkan bahan ajar BIPA tingkat pemula bertujuan mengembangkan prosedur-prosedur bagi pembelajaran empat keterampilan berbahasa yakni menyimak, berbicara, membaca, dan menulis yang terdapat dalam Sahabatku Indonesia tingkat A1. Kata-kata Kunci: rancangan, pembelajaran bipa, PERMENDIKBUD, tingkat pemula. ABSTRACT Halada, Adriyanto Is. 2021. Design of Lesson Plans Based on BIPA Teaching Materials at Beginner Level. Undergraduate Thesis. Department of Indonesian Language and Literature. Faculty of Letters and Cultures. Principal Supervisor: Prof. Dr. Sayama Malabar, S.Pd., M.Pd., Co-supervisor: Dr. Herman Didipu, S.Pd., M.Pd. The focus of this research comprises of 1) What is the content of BIPA teaching materials at the beginner level?, 2) How is the design of the lesson plans based on BIPA teaching materials at the beginner level? This study aimed to describe the content and design of lesson plans based on BIPA teaching materials at the beginner level. This qualitative descriptive study employed a teaching material on the beginner level entitled Ã���Ã..."Sahabatku Indonesia,Ã���Ã� published by the National Agency for Language Development and Cultivation, Ministry of Education and Culture of the Republic of Indonesia. The data were collected using reading techniques, note-taking techniques, and teaching materials documents. Further, a descriptive analysis was utilized to analyze the data obtained from planning, implementation, and results faced by teachers in the learning process. The results of this study were 1) The contents of the aforementioned teaching materials are valid, based on interest level, significant, worth studying, and interesting. 2) The lesson plan design using BIPA teaching materials at the beginner level consists of menyapa (greetings), berkenalan (get acquainted), keluargaku (my family), hari ulang tahun (birthdays), jalan-jalan (traveling), penyayang binatang (animal lovers), penunjuk arah (directions), kegiatan sehari-hari (daily activities), rumah Santi (SantiÃ���Ã���s house), and lagu popular Indonesia (Indonesian popular songs). The study concluded that 1) the contents of the aforementioned teaching materials have met some criteria, namely valid, based on interest level, significant, worth studying, and interesting. 2) The design of the lesson plan based on the beginner-level BIPA teaching materials aims to develop procedures for learning the four language skills, namely listening, speaking, reading, and writing which are contained in the teaching materials of Ã���Ã..."Sahabatku IndonesiaÃ���Ã� at A1 level. Keywords: design, BIPA learning, communicative approach, beginner level.
Download files

ARCHIVES

2024
Year Essay 2024
2023
Year Essay 2023
2022
Year Essay 2022
2021
Year Essay 2021
2020
Year Essay 2020
2019
Year Essay 2019
2018
Year Essay 2018
2017
Year Essay 2017
2016
Year Essay 2016
2015
Year Essay 2015
2014
Year Essay 2014
2013
Year Essay 2013
2012
Year Essay 2012
2011
Year Essay 2011