ESSAY

Writer / NIM
TYTA SAPUTRI BADU / 311414093
Study Program
S1 - PENDIDIKAN BAHASA DAN SASTRA INDONESIA
Advisor 1 / NIDN
Prof. Dr. SUPRIYADI, M.Pd / 0006086809
Advisor 2 / NIDN
Dr. ASNA NTELU, M.Hum / 0009106211
Abstract
ABSTRAK Tyta Saputri Badu. 2018. Pembelajaran Mengonstruksi Teks Negosiasi Pada Siswa Kelas X SMK Negeri 1 Gorontalo tahun Pelajaran 2017/2018. Skripsi. Jurusan Bahasa dan Sastra Indonesia, Fakultas Sastra dan Budaya, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing 1: Prof. Dr. Supriyadi, M.Pd, dan Pembimbing II: Dr. Hj. Asna Ntelu, M.HUM. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bentuk RPP, pelaksanaan pembelajaran, bentuk penilaian, hambatan dan solusi dalam pembelajaran mengonstruksi teks negosiasi pada siswa kelas X SMK Negeri 1 Gorontalo tahun pelajaran 2017/2018. Metode yang digunakan yaitu deskriptif dan jenis penelitian kualitatif. Sumber data yaitu RPP, aktivitas siswa dan guru, bentuk penilaian, dan hasil wawancara siswa dan guru. Teknik pengumpulan data yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yaitu menganalisis rpp, pelaksanaan, dan penilaian pembelajaran dengan berpedoman pada instrumen pengamatan, mentranskrip hasil wawancara dengan nara sumber, menyimpulkan hasil penelitian. Berdasarkan hasil penelitian dan analisis data diperoleh bahwa (a) RPP yang digunakan guru telah sesuai dengan Permendikbud no. 22 tahun 2016 tentang standar proses berdasarkan perhitungan presentase sebesar 84% telah sesuai (b) pelaksanaan pembelajaran telah terlaksana dengan baik berdasarkan perhitungan presentase sebesar 83,72% sedangkan 16,28% belum maksimal karena beberapa kegitan yang tidak dilaksanankan guru diantaranya, tidak menyiapkan fisik siswa, tidak menyampaikan manfaat dan tujuan pembelajaran, tidak menguasai kelas, tidak melakukan ice breaking, tidak melaksanakan tahap verification (pembuktian), tidak melaksanakan tahap generalization, metode descovery learning tidak sesuai dengan materi, tidak melakukan kegiatan refleksi, tidak langsung melakukan kegiatan evaluasi, (c) bentuk penilaian sudah sesuai IPK, instrumen penilaian tidak langsung digunakan guru pada akhir pembelajaran, rubrik penilaian sudah sesuai dengan materi yang diajarkan, (d) hambatan yang ditemui guru dalam menyusun RPP yaitu indikator tidak sesuai dengan KD, metode tidak sesuai dengan KD, langkah-langkah tidak sesuai dengan RPP dan siswa belum mampu merangkai kata, (e) solusi yang terdapat dalam pembelajaran diantaranya penggunaan media audio-visual, memberikan reward, menggunakan metode diskusi dalam pembelajaran. Dapat disimpulkan bahwa, RPP yang digunakan guru telah sesuai dengan Permendikbud no. 22 tahun 2016 berdasarkan perhitungan presentase sebesar 84%. Pelaksanaan pembelajaran telah berhasil dengan presentase 83,72%. Bentuk penilaian yang digunakan guru sudah sesuai dengan KD. Hambatan dalam pembelajaran terdapat pada penyusunan perangkat pembelajaran. Solusi dalam pembelajaran yaitu menggunakan media audio-visual dan metode diskusi serta memberikan reward. Kata Kunci: pembelajaran, mengonstruksi, teks negosiasi.
Download files

ARCHIVES

2024
Year Essay 2024
2023
Year Essay 2023
2022
Year Essay 2022
2021
Year Essay 2021
2020
Year Essay 2020
2019
Year Essay 2019
2018
Year Essay 2018
2017
Year Essay 2017
2016
Year Essay 2016
2015
Year Essay 2015
2014
Year Essay 2014
2013
Year Essay 2013
2012
Year Essay 2012
2011
Year Essay 2011