ESSAY

Writer / NIM
DESNI T ISHAK / 311414097
Study Program
S1 - PENDIDIKAN BAHASA DAN SASTRA INDONESIA
Advisor 1 / NIDN
Dr. FATMAH AR. UMAR, M, Pd / 0004016005
Advisor 2 / NIDN
Dr. HERSON KADIR, S.Pd,M.Pd / 0003118101
Abstract
ABSTRAK Ishak, Desni T. 2020. Hasil belajar mengonstruksi permasalahan/isu, sudut pandang, argumen dan simpulan dari debat secara lisan pada Siswa Kelas X SMK Negeri 3 Gorontalo Tahun Pelajaran 2018/2019. Skripsi. Jurusan Bahasa Dan Sastra Indonesia, Fakultas Sastra Dan Budaya, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Dr.Fatmah AR.Umar, M.Pd dan Pembimbing II Dr. Herson Kadir, S.Pd, M.Pd. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan hasil belajar serta faktor-faktor yang mempegaruhi hasil belajar mengonstruksi permasalahan/isu, sudut pandang dan argumen serta simpulan dari debat berkaitan dengan bidang pekerjaan untuk menunjukkan esensi dari debat pada siswa kelas X di SMK Negeri 3 Gorontalo tahun pelajaran 2018/2019. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif deskriptif dengan pendekatan kuantitatif statistik sederhana. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMK Negeri 3 Gorontalo yang berjumlah 31 orang. Sampel adalah siswa kelas X SMK Negeri 3 Gorontalo dengan jumlah 31 orang. Teknik pengumpulan data meliputi angket, observasi langsung, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa hasil belajar mengontruksi permasalahan/isu, sudut pandang, argumen dan simpulan dari debat secara lisan untuk menunjukkan esensi dari debat siswa kelas X SMK Negeri 3 Gorontalo tahun pelajaran 2018/2019 mendapat nilai rata-rata 58,07% dengan kriteria cukup, yang berarti hasil belajar siswa rendah. Tingkat ketuntasan belajar siswa mencapai 22,58%, sedangkan siswa yang tidak mencapai ketuntasan belajar sebesar 77,42%. Adapun faktor-faktor yang pengaruhi rendahnya hasil belajar siswa tersebut yaitu; faktor motivasi dan minat belajar siswa, faktor kesiapan siswa untuk belajar,faktor kelelahan jasmani dan rohani, faktor kedisiplinan siswa, faktor metode mengajar guru, faktor perhatian orang tua, dan faktor teman bergaul. Berdasarkan hasil penelitian tersebut, dapat disimpulkan bahwa hasil belajar mengontruksi permasalahan/isu, sudut pandang, argumen dan simpulan dari debat secara lisan untuk menunjukkan esensi dari debat siswa kelas X SMK Negeri 3 Gorontalo tahun pelajaran 2018/2019 masih rendah yang disebabkan oleh beberapa faktor, yaitu; faktor motivasi dan minat belajar siswa, faktor kesiapan siswa untuk belajar,faktor kelelahan jasmani dan rohani, faktor kedisiplinan siswa, faktor metode mengajar guru, faktor perhatian orang tua, dan faktor teman bergaul. Kata kunci :hasil belajar; esensi debat;
Download files

ARCHIVES

2024
Year Essay 2024
2023
Year Essay 2023
2022
Year Essay 2022
2021
Year Essay 2021
2020
Year Essay 2020
2019
Year Essay 2019
2018
Year Essay 2018
2017
Year Essay 2017
2016
Year Essay 2016
2015
Year Essay 2015
2014
Year Essay 2014
2013
Year Essay 2013
2012
Year Essay 2012
2011
Year Essay 2011