ESSAY

Writer / NIM
MEILAN SUMPONO / 311415049
Study Program
S1 - PENDIDIKAN BAHASA DAN SASTRA INDONESIA
Advisor 1 / NIDN
Prof. Dr. MOH. KARMIN BARUADI, M.Hum / 0026105810
Advisor 2 / NIDN
Dr. SALAM, S.Pd, M.Pd / 0006087703
Abstract
ABSTRAK Meilan Sumpono, 2019. Pembelajaran Pengembangan Media dan Sumber Pembelajaran BIPA pada Mahasiswa Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Fakultas Sastra dan Budaya Universitas Negeri Gorontalo. Jurusan Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia. Fakultas Sastra dan Budaya. Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I: Prof. Moh. Karmin Baruadi, M.Hum. dan Pembimbing II: Dr. Salam., S.pd., M.Pd. Pembelajaran merupakan realisasi dari komponen-komponen yang terdapat dalam perencanaan pembelajaran. Komponen-komponen yang dikembangkan dalam perencanaan pembelajaran yang dimaksud tersebut mencakup komponen: tujuan pembelajaran, materi pembelajaran, pendekatan, strategi, model, metode, dan teknik pembelajaran, media dan sumber pembelajaran, dan evaluasi pembelajaran. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan Perangkat dan pelaksanaan Pembelajaran pada matakuliah Pengembangan Media dan Sumber Pembelajaran BIPA di Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Fakultas Sastra dan Budaya Universitas Negeri Gorontalo. Teori perangkat pembelajaran dengan menerapkan teori pembelajaran di perguruan tinggi. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif dengan jenis penelitian kualitatif. Prosedur pengumpulan data dilakukan dengan teknik yaitu, observasi, dokumentasi dan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perangkat pembelajaran matakuliah pengembangan media dan sumber pembelajaran BIPA berupa Rencana Pembelajaran Semester (RPS) yang di dalam RPS tersebut terbagi beberapa komponen yaitu, (1) waktu pertemuan, (2) sub capaian pembelajaran, (3) bahan kajian, (4) waktu, (4) metode pembelajaran, (5) pengalaman belajar mahasiswa, (6) kriteria dan indikator. Sedangkan pada pelaksanaan pembelajaran yaitu, (1) Kegiatan Pra dan Awal Pembelajaran, (2) Kegiatan inti pembelajaran, dan (3) akhir pembelajaran. Pada Pelaksanaan pembelajaran dosen pengajar menggunakan metode investigasi terbimbing yang lebih menekankan kreativitas mahasiswa dalam pembuatan media dan sumber pembelajaran BIPA dibawah bimbingan dosen pengajar. Kata-kata Kunci: pembelajaran, pengembangan, media, sumber pembelajaran, BIPA.
Download files

ARCHIVES

2024
Year Essay 2024
2023
Year Essay 2023
2022
Year Essay 2022
2021
Year Essay 2021
2020
Year Essay 2020
2019
Year Essay 2019
2018
Year Essay 2018
2017
Year Essay 2017
2016
Year Essay 2016
2015
Year Essay 2015
2014
Year Essay 2014
2013
Year Essay 2013
2012
Year Essay 2012
2011
Year Essay 2011