ESSAY

Writer / NIM
UMI MUHAIMIN SALEHE / 311416013
Study Program
S1 - PENDIDIKAN BAHASA DAN SASTRA INDONESIA
Advisor 1 / NIDN
Dr. ASNA NTELU, M.Hum / 0009106211
Advisor 2 / NIDN
Dr. SALAM, S.Pd, M.Pd / 0006087703
Abstract
Permasalahan dalam penelitian ini adalah: (1) Bagaimanakah kemampuan peserta didik menganalisis isi teks negosiasi di SMA Negeri 1 Kabila kelas X tahun pelajaran 2020/2021? (2) Bagaimanakah kemampuan peserta didik menganalisis struktur teks negosiasi di SMA Negeri 1 Kabila tahun pelajaran 2020/2021? (3) Bagaimanakah kemampuan peserta didik menganalisis kebahasaan teks negosiasi di SMA Negeri 1 Kabila kelas X tahun pelajaran 2020/2021? Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan peserta didik menganalisis isi, struktur, dan kebahasaan teks negosiasi di SMA Negeri 1 Kabila kelas X tahun pelajaran 2020/2021. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif. Data dalam penelitian ini adalah kemampuan peserta didik menganalisis isi, struktur, dan kebahasaan teks negosiasi. Sumber data dalam penelitian ini adalah peserta didik dan guru. Data-data tersebut dikumpulkan dengan cara observasi dan tes kemampuan. Setelah data-data tersebut terkumpul, kemudian dianalisis dengan cara mendeskripsikan seluruh kegiatan peserta didik pada saat menganalisis isi, struktur, dan kebahasaan serta mempresentasekan hasil kemampuan peserta didik. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa; (1) kemampuan peserta didik kelas X SMA Negeri 1 Kabila dalam menganalisis isi teks negosiasi berada pada kategori baik sekali. Hasil tersebut diperoleh melalui analisis dan penilaian lembar kerja peserta didik yang telah disusun oleh guru dan peneliti, sebanyak 20 peserta didik termasuk pada kategori baik sekali dan 5 peserta didik termasuk pada kategori baik; (2) kemampuan peserta didik kelas X SMA Negeri 1 Kabila dalam menganalisis struktur teks negosiasi berada pada kategori baik sekali, sebanyak 17 peserta didik termasuk pada kategori baik sekali dan 8 peserta didik termasuk pada kategori baik; (3) kemampuan peserta didik kelas X SMA Negeri 1 Kabila dalam menganalisis kaidah kebahasaan teks negosiasi berada pada kategori baik. Peserta didik yang termasuk pada kategori baik juga dinyatakan tuntas walaupun masih terdapat beberapa kekeliruan dalam menganalisis kaidah kebahasaan teks negosiasi. Kata-kata Kunci: kemampuan, menganalisis, teks negosiasi.
Download files

ARCHIVES

2024
Year Essay 2024
2023
Year Essay 2023
2022
Year Essay 2022
2021
Year Essay 2021
2020
Year Essay 2020
2019
Year Essay 2019
2018
Year Essay 2018
2017
Year Essay 2017
2016
Year Essay 2016
2015
Year Essay 2015
2014
Year Essay 2014
2013
Year Essay 2013
2012
Year Essay 2012
2011
Year Essay 2011