ESSAY

Writer / NIM
NURUL FITRIA MOHI / 311416061
Study Program
S1 - PENDIDIKAN BAHASA DAN SASTRA INDONESIA
Advisor 1 / NIDN
Dr. ASNA NTELU, M.Hum / 0009106211
Advisor 2 / NIDN
ZILFA ACHMAD BAGTAYAN, S.Pd, M.A / 0001048601
Abstract
ABSTRAK Nurul Fitria Mohi. 2021. Kemampuan Mengidentifikasi Alur Cerita dan Konflik dalam Drama yang Dibaca Siswa Kelas XI SMA Muhammadiyah Tolangohula Tahun Pelajaran 2020/2021. Mahasiswa Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Fakultas Sastra dan Budaya Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Dr. Asna Ntelu, M.Hum dan Pembimbing II Zilfa Achmad Bagtayan, S.Pd, M.A. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan mengidentifikasi alur cerita dan konflik dalam drama yang dibaca siswa kelas XI SMA Muhammadiyah Tolangohula Tahun Pelajaran 2020/2021. Penelitian ini dilaksanakan di SMA Muhammadiyah Tolangohula Tahun Pelajaran 2020/2021. Subjek penelitian adalah siswa kelas XI Tahun Pelajaran 2020/2021. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif yaitu mendeskripsikan kemampuan mengidentifikasi alur ceritadan konflik dalam drama. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI SMA Muhammadiyah Tolangohula yang berjumlah 41 orang dimana sampelnya adalah keseluruhan siswa tersebut. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, tes, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan analisis data kualitatif. Hasil penelitian disimpulkan bahwa; (1) Kemampuan siswa mengidentifikasi alur cerita dalam drama yang dibaca dilihat berada pada kategori cukup baik dengan persentase sebesar 55,12%. Sesuai temuan penelitian, siswa pada umumnya merasa kesulitan dalam mengidentifikasi alur cerita drama yang terdiri dari eksposisi, komplikasi, klimaks, dan resolusi. Hal ini dikarenakan bahwa siswa belum sepenuhnya mampu mendeskripsikan alur cerita yang terdapat dalam naskah drama Proklamasi. Kemampuan siswa mengidentifikasi konflik dalam drama yang dibaca dilihat berada pada kategori baik dengan persentase sebesar 66,34%. Hal ini dikarenakan bahwa siswa pada umumnya belum sepenuhnya mampu mendeskripsikan konflik yang terjadi dari naskah drama Proklamasi serta bagaimana penyelesaian konflik tersebut. Kata kunci: Kemampuan Mengidentifikasi, Alur Cerita, Konflik, Drama. Abstract Mohi, Nurul Fitria. 2021. Ability to Identify Storylines and Conflicts in Drama Read by Eleventh-Grade Students of SMA Muhammadiyah Islamic Senior High School in Tolangohula for the 2020/2021 Academic Year. Study Program of Indonesian Language and Literature Education, Faculty of Letters and Cultures, Universitas Negeri Gorontalo. Principal Supervisor: Dr. Asna Ntelu, M.Humdan. Co-supervisor: Zilfa Achmad Bagtayan, S.Pd, M.A. This study aimed to describe the ability to identify storylines and conflicts in dramas that were read or watched by elevent-grade students. This activity was carried out at SMA Muhammadiyah Islamic High School in Tolangohula in the 2020/2021 academic year. The subjects of this study were students of elevent-grade students for the academic year 2020/2021. Using a qualitative approach, it describe the ability to identify storylines and conflicts in dramas. Furthermore, the population of this study amounted to 41 students. Data were collected throught observation, tests, and documentation, which were then analyzed using qualitative data alaysis. The results of the study concluded that; (1) The students ability to identify the storyline in the drama they read or watched was in a fairly good category with a percentage of 55,12%. Based on the results of the study, students generally have difficulty identifying the storyline of a drama consisting of exposition, complication, climax, and resulation due to their lack of ability to describe the storyline contained in the proclamation drama script. The ability of students to identify conflicts in dramas was in the good category with a percentage of 66,34% because students, in general, have not been able to fully describe the conflicts that occur from the proclamation drama script and resolve the conflict. Keywords : Ability to Identify, Storyline, Conflict, Drama
Download files

ARCHIVES

2024
Year Essay 2024
2023
Year Essay 2023
2022
Year Essay 2022
2021
Year Essay 2021
2020
Year Essay 2020
2019
Year Essay 2019
2018
Year Essay 2018
2017
Year Essay 2017
2016
Year Essay 2016
2015
Year Essay 2015
2014
Year Essay 2014
2013
Year Essay 2013
2012
Year Essay 2012
2011
Year Essay 2011