ESSAY

Writer / NIM
FEBRIYANTO ABDULLAH / 341409031
Study Program
S1 - PENDIDIKAN SENI DRAMA TARI DAN MUSIK
Advisor 1 / NIDN
ZULKIPLI, S.Pd, M.Sn / 0026037702
Advisor 2 / NIDN
NUGRA PUTRA PILONGO, S.Pd, M.Sn / 0020038302
Abstract
ABSTRAK Febriyanto abdullah, 2015. Pembelajaran Tabuhan dasar rebana Tidi Lo O Ayabu pada siswa kelas V di SD Negeri Wonggarasi Barat Kecamatan Lemito Kabupaten Pohuwato. Skripsi program studi pendidikan Seni Drama,Tari dan Musik , Fakultas Sastra dan Budaya, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Zulkipli. S.Pd, M.Sn. Dan Nugra p.Pilongo, S.Pd, M.Sn. Pembelajaran merupakan suatu proses belajar yang dibangun oleh guru sesuai kreatifitas berfikir yang meningkatkan pengetahuan dan kemampuan siswa oleh karena itu untuk meningkatkan kemampuan anak hendaknya guru lebih kreatif dalam menyampaikan materi dan memilih metode yang tepat agar siswa - siswa merasa tertarik. Penelitian ini dilakukan pada siswa kelas 5 SD Negeri Wonggarasi Barat Kecamatan Lemito Kabupaten Pohuwato yang bertujuan untuk mengetahui proses pembelajaran Tabuhan dasar dasar rebana Tidi Lo O Ayabu, menumbuhkan minat siswa dalam seni musik tradisi ,mengetahui keberhasilan yang diperoleh guru dan siswa , melatih keberanian siswa dalam memainkan musik, serta menambah pengalaman dalam bidang seni khususnya musik Metode penelitian menggunakan metode pengajaran kualitatif yg bersifat deskriptif. Tehnik Penelitian mnggunakan tehnik observasi,wawancara dan dokumen untuk pengunpulan data. berdasarkan hasil pengajaran dapat dikatakan berhasil sesuai dengan tujuan pmbelajaran yang di terapkan. Hal tersebut dapat dilihat pada rencana pembelajaran sesuai dengan tahapan pembelajaran dimana metode ceramah,demonstrasi siswa dapat menangkap pembelajaran musik secara tepat dan dapat memainkan rebana sesuai yg di harapakan peneliti. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa proses 1.pembelajaran Tabuhan dasar rebana Tidi Lo O Ayabu dapat memotivasi siswa dalam hal pembelajaran musik tradisional.2. Rasa kreatifitas siswa tumbuh dengan cara memberikan bentuk ransangan awal atau pengenalan alat musik tradisi secara utuh sehingga siswa dapat mengasah otaknya untuk menghafal serta menyukai mata pelajaran seni budaya dan ketrampilan khususnya di bidang musik nusantara. 3.Menjadi bahan acuan bagi peneliti khususnya guru seni budaya yang lain dan sekolah dalam proses pembelajaran seni budaya dan ketrampilan Kata kunci : Pembelajaran, Tabuhan Dasar
Download files

ARCHIVES

2023
Year Essay 2023
2022
Year Essay 2022
2021
Year Essay 2021
2020
Year Essay 2020
2019
Year Essay 2019
2018
Year Essay 2018
2017
Year Essay 2017
2016
Year Essay 2016
2015
Year Essay 2015
2014
Year Essay 2014
2013
Year Essay 2013
2012
Year Essay 2012
2011
Year Essay 2011