ESSAY

Writer / NIM
MARYAM HAKO / 341411003
Study Program
S1 - PENDIDIKAN SENI DRAMA TARI DAN MUSIK
Advisor 1 / NIDN
IPONG NIAGA, S. Sn, M.Sn / 0008088104
Advisor 2 / NIDN
NUGRA PUTRA PILONGO, S.Pd, M.Sn / 0020038302
Abstract
ABSTRAK : Maryam Hako. 2016" Pembelajaran Teknik Akting pada siswa kelas VII SMP NEGERI 1 Kota Gorontalo melalui metode bermain peran (role playing). Skripsi, Jurusan Pendidikan Sendratasik, Fakultas Sastra dan Budaya, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I, Ipong Niaga, S.Sn. M.Sn, Pembimbing II, Nugra.P. Pilongo, S.Pd. M.Sn. Penelitian ini menggunakan pembelajaran teknik akting melalui metode bermain peran role playing. Rumusan masalah dalam penelitian ini bagaimana meningkatkan hasil pembelajaran akting melalui metode bermain peran role playing pada siswa kelas VII SMP Negeri 1 Kota Gorontalo? Tujuan penelitian ini adalah (1). Untuk mendeskripsikan proses pembalajaran teknik akting pada siswa kelas VII SMP Negeri 1 Kota Gorontalo melalui metode bermain peran role playing, (2). Untuk mengetahui proses pembelajaran teater khususnya pada akting. Data Teknik pengumpulan data dilakukan dengan teknik observasi serta dokumentasi. Teknik analisis data peneliti menggunakan teknik analisis kualitatif dengan bentuk penyajian analisis deskriftip. Untuk menentukan apakah pembelajaran teater khususnya akting, teknik akting dapat membelajarkan siswa dalam memahami pembelajaran seni teater. Peneliti menggunakan dua tahapan dalam pembelajaran teknik akting yakni tahapan olah tubuh, olah suara adapun dalam latihan ini siswa mampu menguasai naskah dan latihan, dalam penelitiian ini menggunakan siswa kelas VII SMP Negeri 1 Kota Gorontalo khusunya kelas VII-3 yang berjumlah 35 orang serta yang menjadi sampel yakni hanya 4 orang saja, Berdasarkan penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa hasil penelitian ini siswa mampu menyerap apa yang di ajarkan dan mampu melakukan pembelajaran teknik akting melainkan meski ada beberapa dari mereka kurang memahami apa yang di ajarkan serta kurang mengaplikasikannya dengan baik, selain itu juga hasil dari penelitian ini ada beberapa peserta didik mampu menyerap serta memiliki rasa ingin tahu dengan pembelajaran yang di ajarkan, sehingganya dapat menarik perhatian minat yang dimiliki dan bisa saja akan menjadi suatu bakat bagi para peserta didik yang memiliki rasa ingin tahu yang besar, serta dengan menerepakan metode yang di pakai dapat membantu siswa dalam melaksanakan proses pembelajaran sehingganya dengan metode ini dapat memudahkan siswa dalam belajar. Kata Kunci : Pembelajaran, Teknik, Akting, Role Playing. AB STRACT: Hako (2016) " Acting Technigue lesson on Stdent at Grade VII of SMP Negeri 1 Kota Gorontalo through Role Playing Method".Skripsi Department of Dance, Drama, and Music Perfoming Arts, Faculty of Letter and Culture, State University of Gorontalo. The Principal Supervisor is Ipong Niaga S.Sn. M.Sn, and Co Supervisor is Nugra P. Pilongo, S.Pd, M.Sn. The research uses acting technigue lesson through role playing method. The prolem statement is hiw to increase the acting lesson result throughrole playing at grade VII SMP Negeri 1 Kota Gorontalo. It aims at (1) describing learning process of acting technique at grade VII of SMP Negeri 1 Kota Gorontalo through role playing method, (2) Understanding theatre learning process especially on acting. Technique of collecting data is performed through observation and documentation. Technique of data analysis uses qualitative analysis technique in from of descriptive analysis, to determine whether the teatre lesson sepecially acting technique can teach students about how to understand the theatre art lesson.it uses two steps in acting technigue lesson which are body manner and Voice manner, in the rehearsal students are able to master the script and rehearsal. The populatin is grade VII of SMP Negeri 1 Kota Gorontalo especially grade VII-3 which amounted to 35 students and the sample is 4 Students only. Based on the research, it can be concluded that students are able to understand what is taught and are able to perform acting technique lesson event though some of them still less able to understand what is taught and less able to implemnt it well. Besides, some of the Students are able to unerstand the lesson and have curiosity with what is taught; therefore those draw attention and interest and can be the talents of students who have big curiosity; and the implementation of the method that is used can help students in learning process. Keywords: Lesson, Technique, Acting, Role Playing.
Download files

ARCHIVES

2024
Year Essay 2024
2023
Year Essay 2023
2022
Year Essay 2022
2021
Year Essay 2021
2020
Year Essay 2020
2019
Year Essay 2019
2018
Year Essay 2018
2017
Year Essay 2017
2016
Year Essay 2016
2015
Year Essay 2015
2014
Year Essay 2014
2013
Year Essay 2013
2012
Year Essay 2012
2011
Year Essay 2011