ESSAY

Writer / NIM
SRI FUJI ASTUTI DAIMA / 341411043
Study Program
S1 - PENDIDIKAN SENI DRAMA TARI DAN MUSIK
Advisor 1 / NIDN
ZULKIPLI, S.Pd, M.Sn / 0026037702
Advisor 2 / NIDN
MIMY ASTUTY PULUKADANG, S.Pd, M.Sn / 0027017802
Abstract
ABSTRAK SRI FUJI ASTUTI DAIMA, 2017 Pembelajaran Tari Molipu Polohungo melalui Metode Kooperatif Tipe Student Teams Achievement Division (STAD) Pada Siswa Kelas VIII1 SMP Negeri 3 Limboto Kabupaten Gorontalo.Pembimbing I Zukipli Lubis S.Pd,M.Sn dan Pembimbing II Mimy Astuti Pulukadang S.Pd,M.Sn Jurusan Pendidikan Seni Drama, Tari, dan Musik, Fakultas Sastra dan Budaya, Universitas Negeri Gorontalo. Pembelajaran seni tari merupakan salah satu mata pelajaran Seni Budaya yang ada di SMP Negeri 3 Limboto,pelajaran seni tari adalah mata pelajaran yang mengharuskan siswa untuk lebih aktif dan kreatif dalam mengikuti proses pembelajaran. Dengan adanya mata pelajaran seni tari, dapat membantu melestarikan kebudayaan yang ada didaerah setempat. Melalui proses pembelajaran seni tari Molipu Polohungo dengan menggunakan metode Student Teams Achievement Division (STAD), sangat efektif membantu peserta didik dalam melakukan gerak tari, dengan metode STAD siswa dapat memahami, melihat dan memperagakan gerak tari Molipu Polohungo yang dipertunjukan oleh peneliti didepan kelas. Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan metode deskriptif kualitatif.Adapun teknik dalam pengumpulan data, yaitu dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi.Temuan penelitian menunjukan bahwa (1). Seluruh siswa kelas VIII1 SMP Negeri 3 Limboto hampir 90% peserta didik dapat menguasai seluruh motif gerak tari kreasi Molipu Polohungo dengan benar dan sesuai dengan musik iringan tari. (2). Meningkatnya pengetahuan dan pengalaman peserta didik dalam melakukan gerak tarian. (3). Peserta didik dapat mengetahui tentang tari-tari kreasi ang ada di daerah mereka sendiri. Hasil yang di temukan oleh peneliti dalam penelitian ini adalah dari 22 orang peseta didik, yang mendapatkan hasil sangat baik adalah 50%, yang mendapatkan nilai baik adalah 35%, yang mendapatkan nilai cukup 10%, dan yang mendapatkan nilai tidak baik hanya 5%. Hasil pembelajaran yang ditemukan dalam penelitian ini adalah melalui penerapan metode Student Teams Achievement Division (STAD), peneliti melihat bahwa peserta didik memiliki jiwa kepemimpinan dan penuh rasa tanggung jawab dalam mempelajari motif-motif gerak tari kreasi Molipu Polohungo, sehingga melalui kerja sama antar kelompok seluruh peserta didik dapat menguasai seluruh motif gerak tari kreasi Molipu Polohungo, walaupun secara teknik belum sempurna sesuai dengan yang guru ajarkan dalam hal ini adalah peneliti sebagai pengajar. KATA KUNCI : Pembelajaran, Tari Molipu Polohungo, Metode STAD
Download files

ARCHIVES

2024
Year Essay 2024
2023
Year Essay 2023
2022
Year Essay 2022
2021
Year Essay 2021
2020
Year Essay 2020
2019
Year Essay 2019
2018
Year Essay 2018
2017
Year Essay 2017
2016
Year Essay 2016
2015
Year Essay 2015
2014
Year Essay 2014
2013
Year Essay 2013
2012
Year Essay 2012
2011
Year Essay 2011