ESSAY

Writer / NIM
SINTHA / 341411046
Study Program
S1 - PENDIDIKAN SENI DRAMA TARI DAN MUSIK
Advisor 1 / NIDN
LA ODE KARLAN, S. Pd, M. Sn / 0025098101
Advisor 2 / NIDN
IPONG NIAGA, S. Sn, M.Sn / 0008088104
Abstract
ABSTRAK Sintha. 2016. Nim 341411046. Ritual Balia Pada Masyarakat Suku Kaili Di Kelurahan Tipo Kecamatan Ulujadi Kota Palu. Skripsi, Program studi Pendidikan Sendratasik Fakultas Sastra Dan Budaya Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I, La Ode Karlan, S.Pd M.Sn dan Pembimbing II Ipong Niaga, S.Sn M.Sn. Di kelurahan Tipo Kecamatan Ulujadi Kota Palu masih mempunyai beragam budaya dan tradisi yang turun-temurun yang masih dipercayai masyarakat dan dilaksanakan adalah Ritual Balia. Balia merupakan sejenis Upacara Ritual untuk mencari solusi ataupun meminta kesembuhan penyakit kepada yang mereka yakini sebagai penolong, dalam hal ini yaitu roh-roh nenek moyang serta roh-roh penguasa alam yang telah diyakini keberadaan dan dilaksanakan turun-temurun, sehingga sudah membudaya dimasyarakat Kota Palu Khususnya Di Kelurahan Tipo Kecamatan Ulujadi Kota Palu. Penelitian ini mengungkapkan permasalahan tentang Bagaimana Bentuk Pelaksanaan Ritual Balia Pada Masyarakat Suku Kaili Di Kelurahan Tipo Kecamatan Ulujadi Kota Palu. Tujuan dalam penelitian ini adalah Untuk mengetahui bentuk pelaksanaan Balia di Kelurahan Tipo kecamatan Ulujadi Kota Palu dan Mendeskripsikan bentuk pelaksanaan Balia pada masyarakaat di Kelurahan Tipo kecamatan Ulujadi Kota Palu. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif yakni mendeskripsikan bentuk pelaksanaan Ritual Balia, Tehnik Pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan Dokumentasi, Sumber data dalam penelitian ini adalah data primer dan data sekunder berupa data asli hasil wawancara dan data sekunder adalah data yang berasal dari buku maupun literature penunjang mengenai Balia. Analisis data dengan cara pengumpulan data dengan mengklasifikasikan data, menganalisis data dan menarik kesimpulan, kemudian dideskripsikan. Dari data yang diperoleh ditemukan bahwa Balia di Kelurahan Tipo Kecamatan Ulujadi di Kota Palu merupakan kegiatan ritual masyarakat Kota Palu yang tujuannya merupakan permohonan manusia kepada sang pencipta untuk dapat mengobati penyakit yang diderita untuk bisa disembuhkan.Balia dilaksanakan melalui pembacaan syair-syair,sesajian,ekspresi gerak tari, iringan musik gendang dan suling. Berdasarkan penelitian tersebut maka dapat disimpulkan masih adanya kebudayaan dalam kesenian Ritual Balia yang sudah membudaya dimasyarkaat sekitar yang sampai sekarang masih dilaksanakan dan sebagai generasi muda peneliti mengharapkan untuk tidak menghilangkannya, karena sudah turun-temurun dari nenek moyang kita. Walaupun zaman yang sudah semakin modern. Kata Kunci : Bentuk Pelaksanaan dan Balia . ABSTRACT :This research aims to know the description of the ability of understanding and misconceptions (misconception) students on the concepts of alkaline acid solution in class XII SMA Negeri 2 Gorontalo City academic year 2016/2017. As for the population of this research constitutes the entire grade XII IPA SMA Negeri 2 Gorontalo City of 137 students and sample a number of 79 students (students of class XII IPA 1, XII IPA 3 and XII IPA 5) where sampling is done with the technique of nonprobability sampling with this type of purposivesampling. This research is qualitative research dekriptif type with the instruments used in this research is the diagnostic test three tier multiple choice. From the results obtained that the categories of the understanding ability of students in the concept of acid solution is alkaline (29,17%) to understand the concepts, categories (16,24%) for categories not understand concept (TPK) and (54,59%) for category concept (misconception). Based on these results it can be concluded that the ability of understandingstudents through the use of tests of three tier multiple choice still categorized low. Keywords: Understanding, Misconceptions, Diagnostic Tests Three-tier Multiple Choice, Acid-Base Solution.
Download files

ARCHIVES

2024
Year Essay 2024
2023
Year Essay 2023
2022
Year Essay 2022
2021
Year Essay 2021
2020
Year Essay 2020
2019
Year Essay 2019
2018
Year Essay 2018
2017
Year Essay 2017
2016
Year Essay 2016
2015
Year Essay 2015
2014
Year Essay 2014
2013
Year Essay 2013
2012
Year Essay 2012
2011
Year Essay 2011