ESSAY

Writer / NIM
RAMONALISA HARDI DETUAGE / 341415005
Study Program
S1 - PENDIDIKAN SENI DRAMA TARI DAN MUSIK
Advisor 1 / NIDN
IPONG NIAGA, S. Sn, M.Sn / 0008088104
Advisor 2 / NIDN
RAHMAWATI OHI, S.Pd, M.Sn / 0008057406
Abstract
ABSTRAK Ramonalisa H. Detuage, 2021. Pembelajaran Bernyanyi Lagu Tradisi Gorontalo Tinilo Banta Tiluwa Dengan Menggunakan Metode Demonstrasi Pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Telaga. Skripsi, Program Studi Pendidikan Seni Drama Tari dan Musik, Fakultas Sastra dan Budaya, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing 1 Ipong Niaga S.Sn., M.Sn dan Pembimbing 2 Rahmawati Ohi S.Pd., M.Sn. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses pelaksanaan Pembelajaran bernyanyi lagu tradisi Gorontalo pada siswa kelas VIII5 SMP Negeri 1 Telaga. Adapun metode pembelajaran yang digunakan adalah metode demonstrasi, dimana dalam metode ini peneliti mempertunjukan langsung tingkah laku atau sesuatu yang kemudian diikuti oleh peserta didik. Dalam pelaksanaan penelitian ini, peneliti melatih siswa kelas VIII5 SMP Negeri 1 Telaga dengan cara memperagakan atau mempertunjukan artikulasi, phrasering, intonasi dan tempo lagu pada peserta didik kemudian peserta didik mendemonstrasikan kembali artikulasi, phrasering, intonasi dan tempo tersebut, agar peserta didik lebih memahami materi lagu yang diajarkan. Dari pelaksanaan penelitian diperoleh hasil bahwa, siswa kelas VIII5 SMP Negeri 1 Telaga , mampu menguasai materi secara teori maupun praktek. Hal ini dapat dibuktikan dengan hasil akhir pada tahap evaluasi pembelajaran bahwa 12 peserta didik yang dipilih menjadi sampel dalam penelitian ini, mampu menguasai 3 indikator penilaian dalam ujian keterampilan. Dengan demikian dinyatakan bahwa, pelaksanaan pembelajaran lagu tradisi Gorontalo Tinilo Banta Tiluwa dengan menggunakan Metode Demonstrasi dapat meningkatkan kemampuan peserta didik kelas VIII5 SMP Negeri 1 Telaga dalam memahami materi dan menyanyikan lagu Tinilo Banta Tiluwa dengan baik. Kata kunci : Pembelajaran, Tinilo Banta Tiluwa, Metode Demonstrasi
Download files

ARCHIVES

2024
Year Essay 2024
2023
Year Essay 2023
2022
Year Essay 2022
2021
Year Essay 2021
2020
Year Essay 2020
2019
Year Essay 2019
2018
Year Essay 2018
2017
Year Essay 2017
2016
Year Essay 2016
2015
Year Essay 2015
2014
Year Essay 2014
2013
Year Essay 2013
2012
Year Essay 2012
2011
Year Essay 2011