Writer / NIM
MOHAMAD HIDAYAT PODU / 341415008
Study Program
S1 - PENDIDIKAN SENI DRAMA TARI DAN MUSIK
Advisor 1 / NIDN
LA ODE KARLAN, S. Pd, M. Sn / 0025098101
Advisor 2 / NIDN
Dr. MIMY ASTUTY PULUKADANG, S.Pd, M.Sn / 0027017802
Abstract
ABSTRAK
Mohamad Hidayat Podu, 2015. Pembelajaran Ansambel Rebana Gorontalo Menggunakan Metode (Number Head Together) Di Kelas VIII SMP Negeri 3 Limboto Kabupaten Gorontalo. Program Studi S1 Pendidikan Seni Drama Tari dan Musik, Fakultas Sastra dan Budaya, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing 1). La Ode Karlan S.Pd.,M.Sn. Pembimbing 2). Mimy Astuty Pulukadang S.Pd.,M.Sn.
Pembelajaran Ansambel Rebana Gorontalo menggunakan metode Number Head Togather (NHT) merupakan penelitian yang bertujuan untuk melihat dan mendesriksipkan sejauh mana penerapan metode NHT pada pembelajaran ansabel musik tradisi di kelas VIII SMP Negeri 3 Limboto. Untuk menjawab permasalahan dalam penelitian ini digunakan beberapa teori yaitu Pembelajaran, Ansambel Musik Tradisional, Ansambel Musik, Metode Pembelajaran Kooperatif dan Metode Number Head Togather.
Penelitian ini menggunakan metode kualitatif guna membantu memahami dan mendeskrisikan hal-hal yang berkaitan dengan permasalahan yang ada dalam penelitian.
Hasil penelitian ini menunjukan pada saat proses pembelajaran memasuki tahap beransambel, penerapan metode NHT sangat berpengaruh. Tanggung jawab dari setiap siswa semakin tinggi untuk membawakan tugas yang telah didapatkan dalam memainkan pola rabana Gorontalo secara bersama-sama dengan teman lainnya dari awal hingga akhir. Meskipun dalam prosesnya masih terdapat siswa yang masih keliru atau kurang tepat dalam memainkan pola ritme yang menjadi tugasnya, nomor kepala dari setiap siswa sangat berperan dalam memupuk kerjasama antar siswa, baik antara siswa dalam satu kelompok maupun siswa yang memiliki nomor kepala yang sama. Dari penelitian ini didapatkan hasil yaitu berdasarkan penilaian individu dengan tiga indikator penilaian, siswa yang mendapat nilai â�ËSangat Baik (SB)� berjumlah delapan orang dan satu orang siswa mendapat nilai â�ËBaik (B). Selanjutnya berdasarkan penilaian secara kelompok, dari tiga kelompok ansambel rebana Gorontalo satu kelompok mendapat nilai â�ËSangat Baik (SB)� dan dua kelompok mendapat nilai â�ËBaik (B)�.
Kata kunci : Pembelajaran, Ansambel, Rebana Gorontalo, Number Head Nogather (NHT)
Download files