ESSAY

Writer / NIM
FEBRIANTO A. NOGE / 341415013
Study Program
S1 - PENDIDIKAN SENI DRAMA TARI DAN MUSIK
Advisor 1 / NIDN
Dr. RIANA DIAH SITHARESMI, S.Sn., M.A / 0024037305
Advisor 2 / NIDN
LA ODE KARLAN, S. Pd, M. Sn / 0025098101
Abstract
ABSRTAK Febrianto A. Noge, 2015. Pembelajaran Motif Gerak Tari Melalui Metode Discovery Learning Sebagai Bentuk Kreativitas Sebagai Bentuk Kreativitas Siswa Kelas VII SMP Negeri 1 Bulango Selatan. Program Studi S1 Pendidikan Seni Drama, Tari dan Musik, Fakultas Sastra dan Budaya, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing 1 : Dr. Riana Diah Sitharesmi, S,Sn, MA, Pembimbing 2 : La Ode Karlan S,Pd, M,Sn. Penelitian ini bertujuan membelajarkan suatu strategi belajar yang dapat mendeskripsikan proses pembelajaran seni tari melalui metode discovry learning yang dapat mengembangkan kreativitas peserta didik. Dengan kreativitas, peserta didik mampu melakukan motif gerak tari serta dapat mengembangkanya melalui tahapan eksplorasi, improvisasi, dan pembentukan. Disamping itu dapat mengekspresikan diri melalui gerak-gerak tari yang peserta didik dapatkan sendiri. Pembelajaran seni budaya khususnya seni tari dengan menggunakan metode discovery learning ini agar peserta didik memiliki kesempatan untuk terlibat secara aktif dalam pembelajaran, khusunya dalam penemuan untuk mencari motif gerak tari. peserta didik dituntut menjadi mandiri dalam belajar dan mendorong berkembangnya rasa ingin tahu peserta didik dalam mencari sesuatu yang baru. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif yang bersifat deskriftif analisis. Karena data yang didapatkan melalui proses observasi, wawancara, testertulis, tespraktek, dan dokumentasi nanti akan disajikan dalam bentuk gambaran penelitian. Pelaksanaan pembelajaran ini dilaksanakan selama 8 kali pertemuan. Serta sampel yang peneliti gunakan kelas VII SMP Negeri 1 Bulango Selatan. Hasil yang diperoleh dari melaksanakan penelitian ini bisa dikatakan berhasil. Pembelajaran motif gerak tari dengan menggunakan metode discovery learning ini meningkatkan kreativitas peserta didik dalam menemukan motif gerak tari serta memahami apa saja tahapan dalam mengembangkan motif gerak tari tersebut. Dan membuat peserta didik lebih aktif lagi dalam belajar di kelas. Kata Kunci : Pembelajaran, Motif Gerak Tari, Discovery Learning, Kreativitas
Download files

ARCHIVES

2024
Year Essay 2024
2023
Year Essay 2023
2022
Year Essay 2022
2021
Year Essay 2021
2020
Year Essay 2020
2019
Year Essay 2019
2018
Year Essay 2018
2017
Year Essay 2017
2016
Year Essay 2016
2015
Year Essay 2015
2014
Year Essay 2014
2013
Year Essay 2013
2012
Year Essay 2012
2011
Year Essay 2011