ESSAY

Writer / NIM
ERPAN THALIB / 341417007
Study Program
S1 - PENDIDIKAN SENI DRAMA TARI DAN MUSIK
Advisor 1 / NIDN
RAHMAWATI OHI, S.Pd, M.Sn / 0008057406
Advisor 2 / NIDN
LA ODE KARLAN, S. Pd, M. Sn / 0025098101
Abstract
ABSTRAK Erpan Thalib, 2017. Pembelajaran Notasi Angka Menggunakan Model Pembelajaran Langsung (Direct Instruction) Pada Kelompok Divisi Tiup Ekstrakurikuler Marching Band Madrasah Aliyah Negeri 1 Pohuwato. Skripsi, Program Studi Pendidikan Seni Drama Tari dan Musik, Fakultas Sastra dan Budaya, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing 1 Rahmawati Ohi S.Pd., M.Sn., dan Pembimbing 2 La Ode Karlan S.Pd., M.Sn. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kelompok marching band divisi tiup pada kegiatan ekstrakurikuler di Madrasah Aliyah Negeri 1 Pohuwato yang memainkan karya-karya musik dalam bentuk notasi angka. Namun, faktanya siswa divisi tiup belum mampu memahami dan membaca notasi angka secara keseluruhan seperti halnya membaca nilai notasi angka, dan nilai tanda diam sehingga mengakibatkan karya-karya musik yang dimainkan pada kelompok marching band belum berjalan dengan maksimal. Dalam pembelajaran notasi angka, peneliti menggunakan model pembelajaran langsung yang bertujuan untuk memahami konsep membaca notasi angka secara bertahap yang dilaksanakan selangkah demi selangkah. Untuk itu, permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimana pembelajaran notasi angka menggunakan model pembelajaran langsung (direct instruction) pada kelompok divisi tiup ekstrakurikuler marching band Madrasah Aliyah Negeri 1 Pohuwato, dan tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan pembelajaran notasi angka menggunakan model pembelajaran langsung (direct instruction) pada kelompok divisi tiup, selain itu penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif yang bersifat deskriptif analisis. Dalam mengkaji pembelajaran notasi angka peneliti melihat bahwa dalam membaca notasi angka terlebih dahulu untuk mengenal dan membelajarkan simbol-simbol notasi angka seperti simbol garis birama dan garis harga, penyebutan simbol notasi angka, nilai notasi angka, nilai tanda diam, simbol penggunaan nada dasar, dan simbol penggunaan birama pada lagu. Pembelajaran notasi angka menggunakan model pembelajaran lansung dapat mendukung siswa untuk memahami konsep membaca notasi angka secara bertahap yang berfokus pada latihan terbimbing yang dilakukan oleh peneliti sebagai guru. Hal ini juga didukung dengan nilai yang diperoleh siswa dari evaluasi tes dan non tes mendapatkan nilai rata ���" rata 83,3. Dari hasil penelitian yang dilakukan oleh peneliti, menunjukan bahwa penggunaan model pembelajaran langsung pada siswa divisi tiup dapat menambah pengetahuan dan keterampilan siswa terutama pada keterampilan membaca notasi angka. Kata Kunci : Pembelajaran, Notasi Angka, Model Pembelajaran Langsung, Esktrakurikuler.
Download files

ARCHIVES

2024
Year Essay 2024
2023
Year Essay 2023
2022
Year Essay 2022
2021
Year Essay 2021
2020
Year Essay 2020
2019
Year Essay 2019
2018
Year Essay 2018
2017
Year Essay 2017
2016
Year Essay 2016
2015
Year Essay 2015
2014
Year Essay 2014
2013
Year Essay 2013
2012
Year Essay 2012
2011
Year Essay 2011