ESSAY

Writer / NIM
MONALISA SULLE / 341417009
Study Program
S1 - PENDIDIKAN SENI DRAMA TARI DAN MUSIK
Advisor 1 / NIDN
NURLIA DJAFAR, S.Pd., M.Sn / 0015048908
Advisor 2 / NIDN
Dr. MIMY ASTUTY PULUKADANG, S.Pd, M.Sn / 0027017802
Abstract
Monalisa Sulle, 2017, Pembelajaran Gerak Tari Tamborin Melalui Metode Demonstrasi Pada Siswa Kelas VII Di SMP Kristen Maesa Kota Gorontalo. Skripsi, Program Studi S1 Pendidikan Seni Drama Tari dan Musik, Fakultas Sastra dan Budaya, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing 1 Nurlia Djafar S.Pd., M.Sn., dan Pembimbing 2 Mimy Astuty Pulukadang S.Pd., M.Sn. Penelitian ini dilakukan karena adanya beberapa permasalahan yang ditemui dalam proses pembelajaran. adapun permasalahan dalam penelitian ini yang berkenaan dengan pembelajaran gerak tari tamborin yakni peserta didik belum menghafalkan bermain gerak, mengekspresikan senyuman saat menari, ketepatan irama iringan yakni termasuk juga pada hitungan, dan pola lantai masih harus diperbaiki. Dengan adanya penelitian ini diharapkan peserta didik dapat menarikan gerak tari tamborin secara baik. Penelitian ini menggunakan metode Demonstrasi dalam proses belajar mengajar dan metode demonstrasi sebagai metode dalam proses latihan. Dimana metode Demonstrasi adalah yakni memperagakan atau mempertunjukan suatu proses, situasi, yang sedang dipelajari baik dalam bentuk sebenarnya maupun dalam bentuk tiruan yang dipertunjukan oleh guru atau sumber belajar lainnya didepan seluruh siswa. Penelitian ini menggunakan Metode penelitian kualitatif bersifat deskriptif yang dikumpulkan oleh peneliti melalui teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil observasi yang ditemukan oleh peneliti (1) belum diterapkanya metode demonstrasi. (2) belum mengenalkan dasar-dasar gerak tamborin (3) bagaimana proses siswa dalam menari tari tamborin. Hasil penelitian yang dilakukan kepada 6 orang peserta didik yang menjadi sampel penelitian ini, terdapat progres yang sangat signifikan. Dimana peserta didik mampu menarikan gerak tari tamborin secara individu maupun dalam motif ragam gerak tari tamborin. Dalam proses evaluasi dilaksanakan menjadi 1 yakni evaluasi secara individu. Sesuai dengan evaluasi yang dilakukan peneliti dari keenam peserta didik, diketahui mereka mendapat nilai diatas ketuntasan yang telah ditetapkan, dan hasil evaluasi dalam format gerak tari tamborin peserta didik mendapatkan presentase nilai A sangat baik. Kata Kunci : Pembelajaran, Gerak Tari Tamborin, Demonstrasi.
Download files

ARCHIVES

2024
Year Essay 2024
2023
Year Essay 2023
2022
Year Essay 2022
2021
Year Essay 2021
2020
Year Essay 2020
2019
Year Essay 2019
2018
Year Essay 2018
2017
Year Essay 2017
2016
Year Essay 2016
2015
Year Essay 2015
2014
Year Essay 2014
2013
Year Essay 2013
2012
Year Essay 2012
2011
Year Essay 2011