ESSAY

Writer / NIM
MUSRAMONA / 341417016
Study Program
S1 - PENDIDIKAN SENI DRAMA TARI DAN MUSIK
Advisor 1 / NIDN
NURLIA DJAFAR, S.Pd., M.Sn / 0015048908
Advisor 2 / NIDN
IPONG NIAGA, S. Sn, M.Sn / 0008088104
Abstract
ABSTRAK Musramona, 2022. Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Dalam Mempraktekkan Elemen Gerak Tari Melalui Model Pembelajaran Problem Based Learning Di Kelas VII-I SMPN 1 Limboto. Skripsi, Program Studi Pendidikan Seni Drama Tari dan Musik, Fakultas Sastra dan Budaya, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing 1 Nurlia Djafar S.Pd., M.Sn., dan Pembimbing 2 Ipong Niaga S.Sn., M.Sn. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh siswa kelas VII-1 dimana Pembelajaran di masa Pandemi Covid-19 menuai banyak masalah besar terutama dalam pelaksanaan proses pebelajaran. Tak terkecuali dengan mata pelajaran Elemen Gerak Tari. Keterbatasan koordinasi, kerjasama dan kolaborasi pada setiap peserta didik sehingga menjadi tantangan besar menjadi masalah sehingganya hasil belajar peserta didik relatif rendah. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas VII-1 SMPN 1 Limboto pada pembelajaran Elemen Gerak tari. Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas dengan responden sebanyak 14 orang peserta didik yang dilakukan dengan dua siklus. Setiap siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Berdasarkan simpulan hasil penelitian yang dijabarkan dalam hasil analisis data yang dilakukan selama 2 siklus dengan menggunakan model PBL (Problem Based Learning) dalam mempraktekan elemen gerak tari di kelas VII-1 SMPN 1 Limboto Kabupaten Gorontalo disimpulkan Penerapan model PBL (Problem Based Learning) Terdapat peningkatan pemahaman kepada peserta didik. Peningkatan tersebut dapat ditunjukkan berdasarkan hasil nilai rata-rata tes dan observasi pemahaman siswa yaitu pada siklus I dan siklus II. pada siklus 1 observasi peserta didik memperoleh sebesar 95,85%, rata-rata hasil belajar 68,1% dengan jumlah tuntas sebesar 43%. Pada siklus 2 (Dua) aktivitas pembelajaran meningkat menjadi 97,4% dengan rata-rata hasil belajar adalah 84,3% dengan ketuntasan sebesar 86%. Kata Kunci: PBL, Hasil Belajar, Mepraktekan Elemen Gerak Tari
Download files

ARCHIVES

2024
Year Essay 2024
2023
Year Essay 2023
2022
Year Essay 2022
2021
Year Essay 2021
2020
Year Essay 2020
2019
Year Essay 2019
2018
Year Essay 2018
2017
Year Essay 2017
2016
Year Essay 2016
2015
Year Essay 2015
2014
Year Essay 2014
2013
Year Essay 2013
2012
Year Essay 2012
2011
Year Essay 2011