ESSAY

Writer / NIM
ROKIJA MAMONTO / 411406004
Study Program
S1 - PENDIDIKAN MATEMATIKA
Advisor 1 / NIDN
Dr ALI KAKU, M.Pd / 0004025603
Advisor 2 / NIDN
Drs YAMIN ISMAIL, M.Pd / 0009115907
Abstract
ABSTRAK Rokija Mamonto. 2012. Penerapan Model Pembelajaran Aptitude-Treatment Interaction (ATI) untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Matematika Siswa Kelas VIII SMP N 2 Gorontalo. Skripsi. Program Studi Pendidikan Matematika, Fakultas Matematika dan Imu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing: (1) Dr. H. Ali Kaku, M. Pd (2) Drs. Yamin Ismail, M.Pd. Penelitian ini adalah penelitian eksperimen yang bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar Matematika siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Gorontalo tahun ajaran 2011/2012 yang diajar dengan menggunakan model pembelajaran Aptitude-Treatment Interaction. Variabel yang diteliti dalam penelitian ini adalah model pembelajaran Aptitude-Treatment Interaction sebagai variabel bebas dan peningkatan hasil belajar sebagai variabel respon, adapun desain penelitiannya adalah “ pre-test and post-test group ”. Subjek populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Gorontalo tahun ajaran 2011/2012 yang terdiri atas 385 orang. Sedangkan sampelnya adalah 38 orang yang diambil dengan menggunakan random kelas dengan asumsi bahwa kelas yang diambil homogen. Hasil analisis deskriptif menunjukkan bahwa rata-rata peningkatan hasil belajar Matematika siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Gorontalo dengan menggunakan model pembelajaran ATI secara umum adalah 23.32 %. Pada kategori tinggi rata-rata peningkatannya adalah 24.71%, pada kelompok sedang rata-rata peningkatannya adalah 21.96% dan pada kelompok rendah rata-rata peningkatannya adalah 26.57%. Hasil analisis inferensial menunjukkan bahwa terdapat peningkatan hasil belajar Matematika siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Gorontalo tahun ajaran 2011/2012 yang diajar melalui pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran Aptitude-Treatment Interaction (ATI) Kata Kunci : Model Pembelajaran Aptitude-Treatment Interaction (ATI), Prestasi Belajar Matematika
Download files

ARCHIVES

2024
Year Essay 2024
2023
Year Essay 2023
2022
Year Essay 2022
2021
Year Essay 2021
2020
Year Essay 2020
2019
Year Essay 2019
2018
Year Essay 2018
2017
Year Essay 2017
2016
Year Essay 2016
2015
Year Essay 2015
2014
Year Essay 2014
2013
Year Essay 2013
2012
Year Essay 2012
2011
Year Essay 2011