ESSAY

Writer / NIM
SUSWATI PORINDO / 411406072
Study Program
S1 - PENDIDIKAN MATEMATIKA
Advisor 1 / NIDN
Drs YAMIN ISMAIL, M.Pd / 0009115907
Advisor 2 / NIDN
USMAN GANI / 0022065509
Abstract
ABSTRAK Hubungan antara Kemandirian Belajar dengan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Matematika Materi Volume Kubus dan Balok di Kelas VIII SMP Negeri 3 Gorontalo. Skripsi. Jurusan Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam. Universitas Negeri Gorontalo. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah ada hubungan antara kemandirian belajar dengan hasil belajar siswa pada mata pelajaran matematika volume kubus dan Balok ? Tujuan penelitian ini adalah mengetahui terdapat atau tidaknya hubungan antara kemandirian belajar dengan hasil belajar dan memperoleh gambaran yang jelas mengenai hubungan kemandirian belajar siswa terhadap hasil belajar mereka. Penelitian ini menggunakan metode survei dengan pendekatan korelasional, dengan populasi siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Gorontalo. Pengambilan sampel dilakukan secara Proporsionate Random Sampling. Data dalam penelitian ini terdiri dari data hasil belajar siswa dan data kemandirian belajar. Data ini dikumpulkan dengan menggunakan dokumentasi hasil ujian mid semester dan instrumen angket berbentuk lembar pernyataan. Analisis data yang digunakan untuk menguji hipotesis penelitian yaitu analisis inferensial dengan menggunakan uji regresi dan korelasi sederhana. Hasil pengujian menunjukkan bahwa terdapat hubungan positif antara kemandirian belajar dengan hasil belajar siswa pada mata pelajaran matematika materi volume kubus dan balok. Hubungan positif ini ditunjukan dengan koefisien determinasi r sebesar 0.4761atau 47.61%. Kata Kunci: Kemandirian Belajar, Hasil Belajar
Download files

ARCHIVES

2024
Year Essay 2024
2023
Year Essay 2023
2022
Year Essay 2022
2021
Year Essay 2021
2020
Year Essay 2020
2019
Year Essay 2019
2018
Year Essay 2018
2017
Year Essay 2017
2016
Year Essay 2016
2015
Year Essay 2015
2014
Year Essay 2014
2013
Year Essay 2013
2012
Year Essay 2012
2011
Year Essay 2011