ESSAY

Writer / NIM
ABDUL RAHMAN SAMAITU / 411407001
Study Program
S1 - PENDIDIKAN MATEMATIKA
Advisor 1 / NIDN
Dra KARTIN USMAN, M.Pd / 0021106305
Advisor 2 / NIDN
Drs PERRY ZAKARIA, M.Pd / 0017086408
Abstract
ABSTRAK ABDUL RAHMAN SAMAITU. 2015, Skripsi: Pengaruh Modelpembelajaran Reciprocal Teaching Terhadap Kemampuan Berfikir Kreatif Pada Materi Lingkaran (Suatu Penelitian pada Siswa Kelas VIII di SMP N 1 Bolaang Uki) Penelitian ini bertujuan Untuk mengetahui perbedaan penggunaan model pembelajaran reciprocal teaching terhadap kemampuan berpikir kreatif matematik siswa dengan penggunaan model pembelajaran konvensional pada materi lingkaran. Metode penelitian yang digunakan adalah metode eksperimen. Populasi dalam penelitian adalah seluruh siswa kelas VIII yang ada di SMP Negeri 1 Bolaang Uki berjumlah 123 orang dan terdistribusi pada 5 kelas. Teknik pengambilan sampel menggunakan Simple random sampling, sampel penelitian yang terpilih adalah kelas VIIIc dengan jumlah siswa 24 orang dikenakan model pembelajaran Reciprocal Teaching dan kelas VIIId dengan jumlah siswa 24 orang dikenakan pembelajaran konvensional. Data penelitian dikumpulkan melalui instrumen tes kemampuan berfikir dan dianalisis secara deskriptif dan inferensial. Analisis deskriptif dilakukan melalui tabel distribusi frekuensi dengan mempersentasikan rata-rata dan analisis inferensial dilakukan melalui uji-t untuk menguji hipotesis penelitian. Hasil analisis data menunjukan bahwa hasil belajar siswa yang diajarkan dengan menggunakan model pembelajaran Reciprocal Teaching lebih tinggi dibandingkan dengan hasil belajar siswa yang menggunakan pembelajaran konvesional. Temuan ini memperlihatkan bahwa model pembelajaran Reciprocal Teaching lebih unggul dalam membelajarkan siswa pada materi lingkaran dibandingkan dengan pembelajaran konvensional. Karena itu disarankan kepada guru agar menggunakan model pembelajaran Reciprocal Teaching dalam membelajarkan siswa pada materi matematika yang memiliki karakteristik seperti materi lingkaran. Kata Kunci : Kemampuan Berpikir Kreatif dan Model Pembelajaran Reciprocal Teaching.
Download files

ARCHIVES

2024
Year Essay 2024
2023
Year Essay 2023
2022
Year Essay 2022
2021
Year Essay 2021
2020
Year Essay 2020
2019
Year Essay 2019
2018
Year Essay 2018
2017
Year Essay 2017
2016
Year Essay 2016
2015
Year Essay 2015
2014
Year Essay 2014
2013
Year Essay 2013
2012
Year Essay 2012
2011
Year Essay 2011