ESSAY

Writer / NIM
AGUS HUSAIN / 411407009
Study Program
S1 - PENDIDIKAN MATEMATIKA
Advisor 1 / NIDN
Prof. Dr. SARSON W DJ POMALATO, M.Pd / 0008086010
Advisor 2 / NIDN
Drs YUS IRYANTO ABAS, M.Pd / 0015066204
Abstract
Agus Husain. Penerapan Model Guided Discovery Learning pada Pokok Bahasan Luas Permukaan dan Volume Prisma Tegak dan Limas (Suatu Penelitian di SMP Negeri I Tilongkabila). SKRIPSI. Jurusan Pendidikan Matematika. Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam. Universitas Negeri Gorontalo. 2012. Penelitian ini bertujuan untuk membandingkan hasil belajar siswa yang diajar dengan model guided discovery learning dengan hasil belajar siswa yang diajar dengan model pembelajaran konvensional, pada pokok bahasan luas permukaan dan volume prisma tegak dan limas. Penelitian ini adalah penelitian eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Tilongkabila Tahun Pelajaran 2011/2012 yang berjumlah 94 orang dan tersebar dalam 4 kelas. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik simple random sampling. Dari populasi ini diambil 2 kelas secara acak. Kemudian, dipilih lagi secara acak untuk menentukan kelas yang akan diberikan perlakuan. Berdasarkan hasil random, kelas VIII1 terpilih sebagai kelas eksperimen yang diajar dengan menggunakan model guided discovery learning sedangkan kelas VIII4 sebagai kelas yang diajarkan dengan menggunakan model pembelajaran konvensional. Pengumpulan data yang dilakukan adalah dengan menggunakan instrumen berupa tes hasil belajar. Tes diberikan kepada siswa yang berada di kelas eksperimen dan kontrol. Data hasil belajar kemudian di analisis secara deskriptif dan inferensial. Analisis deskriptif dilakukan melalui tabel dengan mempresentasekan rata-rata, dan analisis inferensial dilakukan dengan menggunakan uji t untuk menguji hipotesis penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar siswa yang diajar dengan model guided discovery learning lebih tinggi dari hasil belajar siswa yang diajar dengan model pembelajaran konvensional, pada pokok bahasan luas permukaan dan volume prisma tegak dan limas. Kata Kunci: guided discovery learning, Prisma Tegak dan Limas.
Download files

ARCHIVES

2024
Year Essay 2024
2023
Year Essay 2023
2022
Year Essay 2022
2021
Year Essay 2021
2020
Year Essay 2020
2019
Year Essay 2019
2018
Year Essay 2018
2017
Year Essay 2017
2016
Year Essay 2016
2015
Year Essay 2015
2014
Year Essay 2014
2013
Year Essay 2013
2012
Year Essay 2012
2011
Year Essay 2011