ESSAY

Writer / NIM
FANTY SULINGO / 411407025
Study Program
S1 - PENDIDIKAN MATEMATIKA
Advisor 1 / NIDN
Prof. Dr. Drs. HAMZAH B UNO, M.Pd / 0001066304
Advisor 2 / NIDN
NOVIANITA ACHMAD, M.Si / 0017117411
Abstract
ABSTRAK Fanty Sulingo. Nim 411 407 025. Deskripsi Penyebab Siswa Takut Bertanya Pada Pembelajaran Matematika. Skripsi. Gorontalo. Jurusan Pendidikan Matematika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Gorontalo. 2012. Pembimbing: (I) Prof. Dr. Hi. Hamzah B. Uno, M.Pd, (II) Hj. Novianita Achmad S.Si M.Si Penelitian ini bertujuan untuk memberikan gambaran tentang faktor penyebab siswa takut bertanya. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini yaitu observasi, wawancara, dokumentasi. Penelitian ini merupakan penelitian deskriftif kulitatif yang populasinya adalah seluruh siswa di SMP Negeri 3 Limboto Barat yang berjumlah 31 orang. Hasil akhir dalam penelitian ini adalah paling paling banyak siswa di SMP Negeri 3 Limboto Barat memiliki ketakutan dalam bertanya khususnya pada pembelajaran matematika. Langkah awal yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan mengadakan observasi dan wawancara terhadap siswa dan guru, untuk mengetahui aktivitas yang terjadi disaat KBM berlangsung. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu mereduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Dan kemudian data yang didapat diuji keabsahannya dengan menggunakan uji validitas dan uji reliabilitas data. Dan dari data tersebut di peroleh hasil yaitu : kemampuan guru dalam memberikan materi (26,42%), pemahaman siswa terhadap materi yang diajarkan (10%), peran siswa di dalam KBM (23,57%), hubungan interaksi antara guru dan siswa dalam KBM (17,14%). Kata Kunci : keberanian siswa dalam bertanya masih rendah.
Download files

ARCHIVES

2024
Year Essay 2024
2023
Year Essay 2023
2022
Year Essay 2022
2021
Year Essay 2021
2020
Year Essay 2020
2019
Year Essay 2019
2018
Year Essay 2018
2017
Year Essay 2017
2016
Year Essay 2016
2015
Year Essay 2015
2014
Year Essay 2014
2013
Year Essay 2013
2012
Year Essay 2012
2011
Year Essay 2011