ESSAY

Writer / NIM
HARSAD / 411407037
Study Program
S1 - PENDIDIKAN MATEMATIKA
Advisor 1 / NIDN
Prof. Dr. EVI HULUKATI, M.Pd / 0030056009
Advisor 2 / NIDN
NOVIANITA ACHMAD, M.Si / 0017117411
Abstract
ABSTRAK Penelitian dilakukan di kelas XII IPA 2 SMA Negeri 3 Gorontalo Utara dengan jumlah siswa 32 orang. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilakukan secara kolaboratif antara guru dan peneliti. Penelitian dilaksanakan dalam dua siklus, siklus pertama terdiri dari tiga pertemuan sedangkan siklus kedua terdiri dari tiga pertemuan. Instrumen dalam penelitian ini berupa lembar observasi, catatan lapangan, dan tes tertulis. Pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, tes tertulis, dan dokumentasi. Data yang diperoleh selanjutnya dianalisis secara deskriptif kuantitatif pada setiap siklusnya. Kesimpulan setelah pelaksanaan penelitian tindakan, yaitu (1) Pembelajaran tipe Kepala Bernomor Terstruktur yang dapat meningkatkan kemandirian belajar siswa dalam penelitian ini dilakukan dalam empat tahap, yaitu penomoran, penugasan, diskusi kelompok, dan presentasi. Tahap penomoran dimaksudkan untuk mempermudah koordinasi pembagian tugas pada siswa. Tahap penugasan dimaksudkan agar siswa memiliki tanggung jawab perseorangan. Pada tahap diskusi dimaksudkan untuk memberikan kesempatan kepada siswa menjalin komunikasi berupa gagasan matematis dengan anggota kelompoknya. Tahap presentasi dimaksudkan agar siswa memiliki ketrampilan dalam menyampaikan hasil diskusinya dengan menggunakan bahasanya sendiri. (2) Pelaksanaan pembelajaran matematika dengan model pembelajaran tipe Kepala Bernomor Terstruktur di kelas XII IPA 2 SMA Negeri 3 Gorontalo Utara dapat meningkatkan kemandirian belajar siswa, hal ini ditunjukkan dari: pada lembar observasi kemandirian, rata-rata kemandirian belajar siswa mengalami peningkatan dari 64,50% di siklus I menjadi 80,43% di siklus II dengan guru dan siswa menunjukkan bahwa dengan model pembelajaran Kepala Bernomor Terstruktur, siswa merasa senang belajar menggunakan model pembelajaran 3 Kepala Bernomor Terstruktur karena dengan berdiskusi siswa merasa lebih mudah menyelesaikan tugas, terlatih dalam menyampaikan gagasan matematis, terjalin ketergantungan positif, dan siswa memiliki tanggung jawab perseorangan. Kata kunci: Kemandirian Belajar Siswa, Kepala Bernomor Terstruktur.
Download files

ARCHIVES

2024
Year Essay 2024
2023
Year Essay 2023
2022
Year Essay 2022
2021
Year Essay 2021
2020
Year Essay 2020
2019
Year Essay 2019
2018
Year Essay 2018
2017
Year Essay 2017
2016
Year Essay 2016
2015
Year Essay 2015
2014
Year Essay 2014
2013
Year Essay 2013
2012
Year Essay 2012
2011
Year Essay 2011